Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Artikel
Milenial dan Investasi (Part IV): Investor dan Trader
Mateus Putra Dinata
Kamis, 29 September 2022   |   16018 kali

Di dalam pasar modal, mata uang kripto, dan instrument investasi lainnya, waktu merupakan hal yang krusial untuk memperoleh keuntungan yang diinginkan. Jangka waktu yang digunakan tersebut kemudian membagi pelaku pasar modal ke dalam dua kategori, yaitu investor dan trader.

Investor dan trader memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menciptakan keuntungan. Secara umum, investor memiliki rentang waktu yang relatif untuk merealisasikan keuntungannya, sedangkan trader mengambil keuntungan dalam rentang waktu yang lebih pendek.

Investor
Pada dasarnya, tujuan utama seorang investor adalah menciptakan keuntungan melalui pembelian instrument investasi tertentu, lalu menunggu hingga instrument investasi tersebut mengalami kenaikan nilai intrinsiknya. Rentang waktu yang umumnya digunakan seorang investor pun bervariasi, mulai dari beberapa tahun, belasan tahun bahkan hingga puluhan tahun. Selain itu, pada instrument investasi di pasar modal, seorang investor juga mendapat keuntungan dari kenaikan harga saham dan dividen sehingga kemampuan untuk memilih investasi terbaik adalah hal yang mutlak diperlukan seorang investor. Untuk memilih investasi yang menguntungkan tersebut, investor harus melakukan riset fundamental hingga memperhatikan kondisi ekonomi makro terhadap setiap instrument investasi yang dibeli agar tidak mengalami kerugian di masa depan.

Trader

Trader dapat dimengerti sebagai aktivitas menjual dan membeli barang untuk memperoleh keuntungan. Dalam konteks investasi, trader akan melakukan pembelian terhadap suatu instrument investasi lalu menjualnya saat harganya naik. Berbeda dengan investor, seorang trader memiliki rentang waktu transaksi yang relatif singkat dan memperoleh keuntungan yang berasal dari volatilitas harga yang bergerak di pasar. Untuk melakukan hal tersebut, seorang trader akan menggunakan serangkaian Analisa teknikal menggunakan Chart untuk mendeteksi peluang keuntungan dari pola pergerakan harga saham, mata uang kripto, dan instrument lainnya.

Perbedaan mendasar Investor dan Trader

Hal yang menjadi pembeda utama antara seorang investor dan trader adalah seorang trader dapat merealisasikan keuntungan dari volatilitas dan fluktuasi harga. Sementara itu, bagi investor, keuntungan dan kerugian jangka pendek tidak terlalu memperngaruhi keputusan investasi karena investor cenderung berekspektasi untuk menerima keuntungan yang berasal dari pertumbuhan fundamental instrument investasinya. Misalnya saja dalam konteks pasar saham, seorang investor akan meletakkan perhatiannya pada pertumbuhan laba perusahaan, perubahan ekuitas, rasio hutang perusahaan, dan rasio-rasio keuangan lainnya.


Narasi: Mateus

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini