Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bendungan Way Sekampung, Spot Wisata Baru di Kabupaten Pringsewu
Diana Afifah
Rabu, 13 Oktober 2021   |   8512 kali

Pada Rabu, 16 September 2021, Tim Humas KPKNL Bandar Lampung berkesempatan untuk jalan-jalan ke salah satu bendungan yang lagi Viral di daerah Pringsewu yaitu Bendungan Way Sekampung. Bendungan ini menjadi salah satu objek pariwisata yang viral karena pada tanggal 2 September 2021 yang lalu telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Perjalanan yang ditempuh dari Bandar Lampung ke Bendungan Way Sekampung ini kira-kira sekitar 1 hingga 1,5 jam melewati Jalan Lintas Barat Sumatera menuju ke Kabupaten Pringsewu.

Sejak diresmikan tanggal 02 September 2021 kemarin, antusiasme warga masyarakat untuk berkunjung ke Bendungan Way Sekampung ini sangat tinggi. Mulai dari gerbang masuk menuju bendungan saja sudah terlihat banyak kendaraan yang parkir untuk melihat bendungan ini dari dekat. Namun sayang, hingga saat ini akses menuju bendungan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki dari area parkir di pintu gerbang. Tapi hal ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk melihat bendungan ini dari dekat meskipun perjalanan kaki yang ditempuh cukup jauh sekitar 2 km.

Setelah melewati pintu gerbang, kita sudah dapat melihat kegagahan dari dinding bendungan yang memiliki tinggi 126 m,  meskipun kita melihat dari jarak yang jauh. Kemudian di sepanjang jalan yang berkontur naik dan turun ini, pemandangan yang disuguhkan lumayan cantik apalagi ketika berada di atas. Kita dapat melihat luasnya bendungan dengan genangan airnya yang berdaya tampung 68,06 juta m3 dan luas genangan 800 Hektar.

Di ujung akhir perjalanan, kita dapat melihat Menara Pantau yang bisa kita naiki untuk mendapatkan view yang apik dari bendungan way sekampung ini. Disini Tim Humas KPKNL Bandar Lampung bersama Tim dari BBWS Kementerian PUPR tidak lupa melakukan foto bersama dengan latar Bendungan Way Sekampung.

Kemudian, tidak jauh dari pos pantau ini kita dapat berjumpa dengan pintu air dari bendungan way sekampung yang dapat mengalirkan air 800 liter/detik. Eits... tapi untuk menuju pintu air ini harus atas persetujuan dari petugas yang berjaga yaa.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini