Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
KPKNL Lahat Melaksanakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan I Tahun 2023
Prilla Geonestri Ramlan
Kamis, 06 April 2023   |   65 kali

Lahat (06/04) – Bertempat di ruang rapat, KPKNL Lahat melaksanakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) yang dihadiri oleh seluruh pegawai. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sekali dalam 3 (tiga) bulan di sepanjang TA 2023. Pelaksanaan DKO ini secara umum bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, monitoring kinerja, merencanakan rencana aksi, dan menyelaraskan visi dan misi agar tujuan organisasi di Kementerian Keuangan dapat tercapai. Beberapa hal yang menjadi pembahasan pada rapat DKO kali ini adalah highlight DKO, pembahasan kinerja tematik, pembahasan rencana aksi, dan evaluasi.

Rapat DKO dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan diawali arahan dan pembukaan oleh Masdjaya selaku kepala KPKNL Lahat. Dalam arahannya, Masdjaya memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai KPKNL Lahat dan PPNPN atas capaian selama Triwulan I 2023. Acara kemudian dilanjutkan oleh Januardo Bin Suprin selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Januardo menyampaikan ada 3 (tiga) garis besar dalam pembahasan kali ini yaitu DKO, manajemen risiko, dan pemeriksaan temuan KI. Dalam pemaparannya menjelaskan DKO, Januardo menjelaskan ada 4 (empat) bagian DKO yaitu stakeholder perspective, customer perspective, internal process perspective, dan learning and growth perspective, yang semuanya memiliki beberapa sasaran strategi yang dapat diukur oleh beberapa IKU.

Dari total sebanyak 20 (dua puluh) IKU, terdapat 9 (Sembilan) IKU yang hijau dan 3 (tiga) IKU yang masih merah dan 8 (delapan) IKU abu-abu di Triwulan I. Adapun 3 (tiga) IKU yang masih merah terdiri dari Persentase Realisasi Pokok Lelang, Persentase Penurunan Outstanding Piutang Negara dan Persentase Efektivitas Penyelesaian BKPN, sedangkan IKU lainnya belum bisa dihitung di Triwulan I 2023 ini.

Penyebab IKU yang masih merah bukan menandakan bahwa KPKNL Lahat tidak bekerja secara optimal, melainkan KPKNL Lahat telah berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, untuk mengatasi IKU yang masih merah agar di Triwulan II dapat hijau, dilakukan mitigasi risiko dan strategi untuk mencapainya seperti penyampaian surat paksa ke Debitur, meningkatkan intensitas proses pengurusan BKPN, dan penggalian potensi.

Capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) Triwulan I 2023 KPKNL Lahat sebesar 89,76%. Meskipun NKO belum mencapai hasil yang maksimal di Triwulan I ini, Masdjaya optimis seluruh jajaran KPKNL Lahat dapat saling bersinergi untuk bekerja bersama meningkatkan capaian di triwulan berikutnya. Hal tersebut tercermin dari telah ditetapkannya rencana aksi oleh masing-masing seksi dan subbagian pada KPKNL Lahat.

Setelah pembahasan DKO usai, agenda rapat dilanjutkan dengan pembahasan pengelolaan risiko dalam upaya meningkatkan capaian kinerja KPKNL Lahat di tahun berikutnya dan reviu pemantauan pengendalian internal Triwulan I tahun 2023, dengan harapan penyimpangan dan kesalahan yang pernah terjadi di Triwulan I 2023 tidak terulang kembali di periode yang akan datang.

 

-Seksi Hukum dan Informasi-

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini