Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
KPKNL LAHAT MELAKSANAKAN DIALOG KINERJA ORGANISASI (DKO) TRIWULAN IV TAHUN 2022
Prilla Geonestri Ramlan
Kamis, 05 Januari 2023   |   58 kali

KPKNL Lahat secara rutin malaksanakan dialog kinerja organisasi (DKO) sekali dalam 3 (tiga) bulan dalam tahun berjalan. DKO merupakan kegiatan rutin yang pelaksanaannya secara umum bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, monitoring kinerja, merencanakan rencana aksi, dan menyelaraskan visi dan misi agar tujuan organisasi di Kementerian Keuangan dapat tercapai. Beberapa hal yang menjadi pembahasan pada rapat DKO kali ini adalah highlight DKO, pembahasan kinerja tematik, pembahasan rencana aksi, dan evaluasi.

Rapat DKO dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali arahan dan pembukaan oleh Masdjaya selaku kepala KPKNL Lahat. Dalam arahan pembukanya Masdjaya mengharapkan kinerja yang lebih baik lagi dari setiap lini seksi, jabatan fungsional dan subbag umum, sekalipun secara nyata semua IKU di tahun 2022 sudah hijau dan tercapai, bahkan ada capaian yang melebihi target. Masdjaya mengingatkan dan mengharapkan kiranya semangat kerja di tahun 2023 dapat dipertahankan seperti di tahun 2022 dan dapat ditingkatkan, karena target di tahun 2023 pasti lebih tinggi dan menantang.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Januardo Bin Suprin selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Januarno menyampaikan ada 3 (tiga) garis besar dalam pembahasan kali ini yaitu DKO, manajemen risiko, dan pemeriksaan temuan KI. Dalam pemaparannya menjelaskan DKO, Januarno menjelaskan ada 4 (empat) bagian DKO yaitu stakeholder perspective, custumer perspective, internal process perspective, dan learning and growth perspective, yang semuanya memiliki beberapa sasaran strategi yang dapat diukur oleh beberapa IKU. Januardo menyampaikan karena capaian IKU sudah hijau sehingga tidak perlu ada yang dibahas secara spesifik, hanya saja capaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di periode berikutnya. Sekedar informasi capaian NKO KPKNL Lahat pada tahun 2022 adalah sebesar 115,73% (seratus lima belas koma tujuh puluh tiga persen) yang berarti di tahun 2023 capaian NKO harus lebih tinggi. Hal ini juga sebagai modal untuk keikutsertaan KPKNL Lahat mengikuti WBBM di tahun 2024.

Melalui Tim seksi Kepatuhan Internal selaku penanggung jawab keberlangsungan DKO, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian dan penetapan rencana aksi yang akan dilaksanakan pada periode Triwulan I Tahun 2023. Masing-masing Seksi, Jabatan Fungsional, dan Subbag Umum menyampaikan rencana aksinya untuk pelaksanaan di periode Januari-Maret 2023. Selain membahas tentang capaian yang sudah dicapai oleh KPKNL Lahat pada Triwulan IV Tahun 2022 dan rencana aksi Triwulan I Tahun 2023, rapat DKO ini turut membahas tentang pengelolaan risiko dalam upaya meningkatkan capaian kinerja KPKNL Lahat di tahun berikutnya. Kemudian dilanjutkan dengan reviu pemantauan pengendalian internal semester II 2022, dengan harapan penyimpangan dan kesalahan yang pernah terjadi di Triwulan IV 2022 tidak terulang kembali di periode yang akan datang.

Di akhir rapat DKO, Masdjaya menegaskan dan berharap agar apa yang menjadi rencana kerja dan rencana aksi yang sudah ditetapkan bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Semua risiko yang kemungkinan dapat terjadi dapat diminimalisir agar tidak terulang kembali melalui belajar dari pengalaman yang lalu dan menerapkan strategi yang diharapkan dapat mengatasinya.

 

-Seksi Hukum dan Informasi-

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini