Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Artikel
Mengenal Kopi Sebagai Produk UMKM andalan di daerah wilayah kerja KPKNL Lahat
Galih Dahana
Rabu, 28 September 2022   |   1775 kali

Warga Indonesia memiliki budaya yang meminum kopi yang kental, masyarakat Indonesia biasa memulai kegiatan pagi dengan meminum secangkir kopi sembari membaca berita atau sekedar mengobrol santai dengan keluarga dan teman. Kebiasan meminum kopi ini membuat kebutuhan kopi di Indonesia cukup tinggi Menurut catatan International Coffee Organization (ICO), konsumsi kopi Indonesia tahun 2019 3,6 juta karung. Sedangkan pada 2020 sebanyak 5 juta karung. Dalam sepuluh tahun terakhir konsumsi tumbuh 3,7%, tertinggi kedua di antara negara-negara produsen kopi. Indonesia juga merupakan satu negara produsen kopi terbesar di dunia dari data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, produksi kopi Indonesia mencapai 774,6 ribu ton pada 2021. Jumlah tersebut naik 2,75% dari tahun sebelumnya yang sebesar 753,9 ribu ton. Selain itu, produksi kopi Indonesia pada tahun lalu menjadi yang tertinggi dalam sedekade terakhir. Sumatra Selatan merupakan produsen kopi terbesar di Indonesia sepanjang 2021. Jumlah produksi kopi di provinsi ini mencapai 201,40 ribu ton. Lampung menyusul dengan jumlah produksi kopi sebanyak 118 ribu ton. Kemudian, Sumatra Utara dan Aceh masing-masing memproduksi kopi sebanyak 76,80 ribu ton dan 74,20 ribu ton. Oleh Karena Itu di wilayah kerja KPKNL Lahat ini terdapat bebrapa daerah yang terkenal dengan hasil kopi baik berupa biji kopi ataupun hasil olahan dari kopi itu sendiri. beberapa daerah di wilayah kerja KPKNL Lahat yang merupakan daerah pengahasil kopi antara lain :


 Kota Pagar Alam

Terkenal dengan keindahan pemandangan alam dan hasil perkebunannya yang melimpah salah satu hasil perkebunan tersebut adalah Kopi, Kota Pagaralam terkenal sebagai penghasil Biji Kopi Robusta yang berkualitas tinggi dengan ciri khas aroma dan rasa yang khas karena biji kopi tersebut didapatkan dari pohon kopi yang ditanam di daerah pegunungan vulkanik yang cukup tinggi sehingga menghasilkan biji kopi yang meiliki ciri khas yang kuat. Hal tersebut membuat cukup banyak Industri Kopi UMKM yang ada di kota pagaralam dan beberapa UMKM tersebut sudah dapat memasarkan produknya sampai ke luar negeri.

Kabupaten Muara Enim

Di kabupaten Muara Enim memiliki daerah yang terkenal dengan hasil kopi yaitu Kecamatan Semende Darat Laut, Semende Darat Tengah, dan Semende Darat Ulu. Biji kopi Semendo berasal dari perkebunan di daerah pegunungan Bukit Barisan di sebelah barat Provinsi Sumatera Selatan. Pada ketinggian 1 sampai 1.6 meter dari permukaan laut, dimana kopi yang dihasilkan memiliki rasa pekat dan memiliki tekstur yang tebal , dengan Flavour coklat dan sedikit rempah. Di Kabupaten Muara Enim juga terdapat beberpa UMKM yang hasil produksinya dipasarkan secara Nasional.

 Kabupaten Lahat

Kabupaten Lahat terkenal dengan Kopi Besemah sejak zaman dulu, kopi merupakan salah satu unggulan penghasilan dari sektor perkebunan di Kabupaten Lahat. Tanaman kopi bisa dijumpai hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Lahat.

                 Selain daerah di atas, daerah seperti Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau juga menghasilkan produk kopi meskipun tidak seterkenal seperti kopi di atas meskipun secara kualitas kopi tidak kalah dengan kopi-kopi yan telah disebutkan. 

KPKNL Lahat juga turut serta dalam melakukan pengembangan UMKM Kopi di wilayah kerjanya dengan melaksanakan beberapa kali lelang UMKM yang diharapkan dengan adanya lelang tersebut produk Kopi dapat semakin terkenal dan dapat dipasarkan secara luas.

 

-Seksi Hukum dan Informasi-

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini