Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Artikel
Tips Mengatasi Jenuh Dalam Rutinitas Pekerjaan Sehari-Hari
Hendra Fridolin Ananda Sudater Siagian
Rabu, 28 September 2022   |   22722 kali

Pikiran yang lelah dan rasa jenuh dalam bekerja merupakan hal yang wajar dan dialami oleh banyak orang. Ketika mencapai titik klimaks rasa jenuh tersebut, sering kali kita membandingkan pekerjaan kita dengan orang lain, menggerutu, hingga bahkan berpikir untuk mencari pekerjaan lain atau resign. Pada dasarnya di dalam sebuah pekerjaan, kita tidak bisa menghindari adanya rasa bosan atau jenuh. Rasa bosan itu bisanya muncul karena kita melakukan rutinitas yang sifatnya repetitif yaitu pekerjaan yang berulang-ulang seperti: melaksanakan lelang untuk Pejabat Lelang, melaksanakan penilaian untuk Pejabat penilai Pemerintah, membuat Keputusan/persetujuan pengelolaan BMN, menghadiri persidangan, dll. Hal ini memicu timbulnya rasa jenuh karena pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang dan kita merasa tidak memberikan tantangan baru. Selain itu, apa lagi sih sebenarnya dampak dari rasa bosan yang dialami saat bekerja?

Melansir dari beberapa artikel, dampaknya ternyata cukup beragam. Beberapa dampak melakukan pekerjaan yang monoton antara lain ialah bisa memengaruhi kesehatan mental, seperti munculnya stres yang dapat mengarah pada terjadinya burnout yaitu keadaan dimana seseorang merasa stress dan mengalami kelelahan secara emosional dan secara fisikSelain itu, saat kita merasa bosan, ternyata memengaruhi kemampuan kita dalam melakukan penilaian, perencanaan, fokus, hingga kontrol emosi diri. Bahkan, rasa bosan juga menjadi salah satu alasan utama individu untuk mencari pekerjaan baru. Wah, ternyata dampaknya cukup beragam dan tidak bisa menjadi hal yang disepelekan begitu saja. Kemudian, bagaimana jika rasa bosan muncul saat bekerja? Yuk WargaKN, simak beberapa tips berikut ini!

Memaknai Kembali Pekerjaan yang Dilakukan

Sering kali, karena terlalu sering melakukan rutinitas pekerjaan yang monoton dan berulang-ulang, rasa bosan pun muncul hingga bisa membuat kita merasa kehilangan motivasi dan semangat dalam bekerja. Padahal, mungkin saja pekerjaan yang dijalani saat ini merupakan pekerjaan yang kita impikan sejak dahulu. Jika demikian, ada baiknya untuk mengingat kembali apa motivasi atau nilai manfaat dari pekerjaan yang dilakukan saat ini. Misalnya, mengingat apa saja manfaat yang kita berikan kepada masyarakat dan pengguna jasa layanan sebagai hasil dari pekerjaan tersebut. Dengan demikian kita diingatkan kembali, sehingga motivasi atau semangat untuk bekerja bisa naik dan membuat kita dapat lebih menikmati pekerjaan yang dijalani.

Mendengarkan Musik

Salah satu cara sederhana untuk membantu mengatasi rasa bosan yang muncul saat bekerja ialah dengan mendengarkan musik. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa bekerja sambil mendengarkan musik ternyata mampu meningkatkan kinerja individu. Hal ini dikarenakan musik dapat membantu mengurangi rasa bosan yang muncul karena seseorang melakukan pekerjaan yang bersifat repetitif.

Menata Ruang Kerja

Coba perhatikan ruang kerja WargaKN sekarang, minimal posisi kursi dan meja kerja serta benda di atas meja dan sekitarnya. Apakah WargaKN pernah mencoba untuk menata ulang ruang kerja? Meskipun terdengar sederhana, namun hal ini bisa membantu WargaKN untuk membuat tempat kerja menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk mendorong peningkatan produktivitas. Melakukan penataan dapat menjadi salah satu cara bagi WargaKN untuk melakukan self-care di tempat kerja, tempat dimana WargaKN banyak menghabiskan waktu di sana. WargaKN juga bisa menempatkan berbagai gambar atau tulisan yang membuat WargaKN merasa lebih termotivasi atau meningkatkan semangat. Jangan lupa, pastikan juga bahwa WargaKN mendapatkan space kerja yang cukup dan nyaman, serta semua peralatan penting yang WargaKN butuhkan ada di tempat yang mudah dijangkau.

Menjaga Work-Life Balance

Salah satu pilihan yang dapat WargaKN ambil ialah bekerja dengan sebaik-baiknya dan pulang tepat waktu asumsi pekerjaan mendesak dan deadline selesai dikerjakan. Setelah itu, WargaKN bisa melakukan aktivitas lainnya yang menyenangkan untuk melepas penat dan mencapai work-life balance contoh: melakukan hobby (nonton, jogging, bermain musik, olahraga, dll)Dengan demikian, WargaKN dapat menjadikan hal tersebut sebagai cara untuk mengatasi rasa bosan yang terjadi selama di tempat kerja.

Mencari Role Baru dalam Organisasi

Jika memungkinkan, WargaKN bisa mengajak atasan WargaKN untuk berdiskusi. Sampaikan kondisi yang WargaKN alami, apa dampaknya terhadap produktivitas, serta bagaimana harapan WargaKN dalam bekerja. Apabila ada posisi yang WargaKN inginkan tersedia di organisasi, WargaKN bisa menjelaskan mengapa ingin mengambil peran atau role tersebut, serta hal apa yang mendukung WargaKN untuk mendapatkan role baru dalam organisasi. Harap diingat bahwa hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kebosanan dalam kerja, namun tidak menjamin bahwa WargaKN akan lebih merasa puas atau tertantang dalam menjalani role baru yang diinginkan.

Switch Career

Jika WargaKN sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi rasa bosan dalam bekerja namun tidak juga berhasil, maka WargaKN bisa mempertimbangkan untuk pindah jalur karier atau switch career, contoh: ingin mengikuti seleksi jabatan fungsional tertentu. Dalam dunia kerja, hal ini memang biasa terjadi. Mungkin saja WargaKN menemukan minat atau potensi lain yang WargaKN nilai layak untuk lebih dikembangkan. Akan tetapi, harap diingat juga bahwa untuk berpindah jalur karier memerlukan persiapan yang matang dan kompetensi yang mencukupi. Cobalah untuk mencari informasi lebih dalam mengenai karier yang menjadi tujuan WargaKN serta persiapkan diri untuk Switch Career.

Itulah beberapa langkah yang bisa WargaKN lakukan dalam mengatasi rasa bosan saat bekerja. Meskipun rasa bosan menjadi hal yang wajar terjadi dalam bekerja, namun jika dibiarkan begitu saja dalam waktu lama, bisa berdampak buruk terhadap produktivitas hingga kesehatan mental WargaKN. Oleh karena itu, perlu untuk mengenali kondisi saat WargaKN merasa jenuh dalam bekerja dan mencari tahu apa penyebabnya. Bisa saja WargaKN merasa bosan, namun ternyata hal yang WargaKN rasakan disebabkan oleh hal lain, seperti kurang tidur atau mungkin hal lainnya.

Setiap orang bisa saja memiliki preferensi yang berbeda, termasuk cara untuk mengatasi rasa bosan dalam bekerja. Selain cara-cara di atas, mungkin saja ada cara lain yang lebih WargaKN sukai. Oleh karena itu, WargaKN bisa mengatur strategi apa yang kira-kira paling sesuai untuk WargaKN dan menerapkannya sebagai solusi terbaik untuk mengatasi kejenuhan yang terjadi. Semoga BerhasilWargaKN!




Sumber : https://blog.klob.id/

Foto : Ilustrasi Google.com

 


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini