Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Artikel
Mengenal Lambang Kabupaten Lahat
Prilla Geonestri Ramlan
Kamis, 10 September 2020   |   1230 kali

Hai Kance Lahat dan Sobat Kaen di seluruh penjuru negeri, bagaimana kabarnya? Apakah masih tetap semangat selama #dirumahaja selama pandemi ini? Semoga masih tetap semangat dan bugar meskipun sering berkegiatan di rumah ya.

Agar tidak bosan selama #dirumahaja, Admin ingin mengajak Kance Lahat dan Sobat Kaen untuk kembali lebih mengenal tentang Kabupaten Lahat. Jika pada artikel lalu Admin sempat membahas tentang beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di bumi Seganti Setungguan, nah, kali ini Admin akan mengajak teman-teman untuk mengupas arti dan makna dari lambang kota yang memiliki Bukit Serelo sebagai landmark-nya.

Berbicara tentang Lambang Kabupaten Lahat, secara struktur, lambangnya terdiri dari bentuk Perisai, Persegi Lima, bergaris pinggir Benang Emas dengan latar belakang berwarna biru yang melambangkan perlindungan rakyat daerah. Di dalam Persegi Lima ini pula terdapat beberapa lukisan yang memiliki arti dan makna tersendiri. Berikut rincian arti dan maknanya:

    ·     Bukit Tunjuk dan Bukit Barisan 

         Melambangkan ciri-ciri khas geografi daerah Kabupaten Lahat yang terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah dan tanahnya subur dengan pemandangan alam yang indah

·     Padi dan Kopi 

         Melambangkan kerukunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lahat yang merupakan penghasil utama padi dan kopi.

a)       Padi berjumlah 17 butir bermakna hari Proklamasi Kemerdekaan Rebuplik Indonesia yaitu tanggal 17.

b)       Kopi bergugus 8, daunnya berjumlah 19 lembar dan buahnya yang ranum berjumlah 45 buah bermakna bulan dan tahun Proklamasi Kemerdekaan Rebuplik Indonesia yaitu bulan agustus 1945

 

    ·     Sungai

         Sungai melambangkan sumber kehidupan masyarakat Kabupaten Lahat sebanyak lima sungai dan sesuai dengan jumlah sila dalam pancasila. lima sungai yaitu :

1)        Sungai Musi;

2)        Sungai Lematang;

3)        Sungai Kikim;

4)         sungai Manna; dan

5)        Sungai Lintang.

    ·     Pita Berwarna Merah dan Garis Tepi Putih

         Bermakna bahwa kabupaten lahat adalah daerah perjuangan dengan masyarakatnya yang dinamis dan mempunyai semangat kepahlawanan.

    ·     Motto Seganti Setungguan 

         Merupakan falsafah hidup masyarakat dan rakyat daerah yang melambangkan pengertian persatuan dan kesatuan yang kokoh, semangat gotong-royong, setia kawan yang mendalam, setia kata dan berpendirian teguh serta bertanggungjawab.

      Demikian arti dan makna dari Lambang Kabupaten Lahat yang admin kupas dalam artikel kali ini. Nantikan artikel selanjutnya tentang wilayah kerja tercinta kami ini ya. Stay tune dan sampai jumpa di edisi berikutnya Kance Lahat!

(Sumber:

1) Artikel Arti dan Makna Lambang : https://bpbdkablahat.wordpress.com/profile-kabupaten-lahat/arti-makna-lambang-kabupaten-lahat)

2) Gambar : http://lahatkab.go.id/statis/lambang-daerah)

-Seksi Hukum dan Informasi-

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini