Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Artikel
Pesona Wisata di Wilayah Kerja KPKNL Lahat
Roby Fadil
Rabu, 13 Mei 2020   |   4615 kali

Assalamualaikum Kance Lahat dimanapun berada semoga dalam keadaan sehat selalu. Kita berdoa kiranya pendemi Covid-19 segera berakhir dan kita dapat beraktifitas sebagaimana biasa. Pada punya rencana liburan kemana nih, Kanceku, apabila kondisi negara kita sudah pulih? Di wilayah kerja Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat banyak sekali destinasi wisata alam yang dapat Kance sekalian jadikan opsi untuk berlibur.

  Mari kita lihat satu persatu objek wisata alam apa saja yang ada di wilayah kerja KPKNL Lahat. Secara umum, wilayah Kabupaten Lahat tergolong daerah dataran tinggi yang termasuk pada alur Bukit Barisan dengan puncaknya yang tertinggi yaitu Bukit Serelo dengan ketinggian lebih kurang 600 meter dpl dan Gunung Dempo dengan ketinggian lebih kurang 3.159 meter dpl. Dengan demikian, wajar kiranya bila wilayah kerja KPKNL Lahat dikelilingi oleh tempat wisata alami yang menarik. Berikut diantaranya: 

1.     Bukit Serelo Lahat

Bukit Serelo atau yang lebih dikenal dengan Gunung Jempol atau ada juga yang memberi nama Bukit Tunjuk terletak di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, SumatraSelatan dan berjarak 276 km dari Palembang. Bukit Serelo merupakan salah satu landmark dan ikon kebanggaan masyarakat Lahat. Warga setempat biasa menyebutnya Bukit Tunjuk karena bentuk puncaknya yang mirip dengan telunjuk yang mencuat ke langit. Jika diperhatikan dengan baik, bentuknya memang unik karena seperti sedang menunjuk ke langit.

Masyarakat setempat pun percaya bahwa bukit tersebut mengingatkan manusia bahwa masih ada Tuhan yang posisinya lebih tinggi sehingga kita pun harus tetap membumi. Pesona bukit yang begitu menakjubkan membuat banyak pendaki dari luar daerah yang penasaran ingin menyaksikan bentuknya yang asli dari dekat. Sekitar bukit yang merupakan salah satu bagian dari bukit barisan ini dikelilingi oleh Sungai Lematang yang jernih sehingga membuat pemandangan di sekitar bukit semakin mempesona. Bagian bawah bukit ini pun kerap dijadikan tempat berkemah ataupun untuk rekreasi keluarga. Adapun jarak tempuh KPKNL Lahat dengan kaki Bukit Tunjuk hanya sekitar 12 km saja. Cukup dekat bukan, Kance Lahat? Jarak ini dapat ditempuh sekitar 15 menit perjalanan darat menggunakan mobil pribadi. 

2.        Kebun Teh dan Gunung Dempo Pagar Alam

Melihat kebun teh Gunung Dempo bisa menjadi tujuan wisata saat berkunjung ke Kota Pagar Alam, sekitar 45 km dari Kabupaten Lahat. Gunung Dempo terletak di Pagar Alam Utara yang masih dalam lingkup wilayah kerja KPKNL Lahat danmerupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Jika ingin menikmati pemandanganpegunungan dibalut hijaunya dedaunan teh dan menghirup hawa sejuk yangmenyegarkan, melancong ke kebun teh Gunung Dempo adalah pilihan yang tepat.

Oh ya Kance Lahat, objek wisata di Pagar Alam tidak hanya kebun teh Gunung Dempo lho, namun juga tersedia objek wisata alam lainnya seperti beragam air terjun dan medan magnet di kaki Gunung Dempo, di mana kendaraan mobil dapat bergerak menanjak naik maupun mundur mendaki tanpa menggunakan bantuan mesin mobil. Jarak tempuh ke lokasi tidak terlalu jauh, Kance Lahat. Hanya sekitar 60 km saja dari KPKNL Lahat atau sekitar 1,5 jam perjalanan darat menggunakan mobil pribadi.

3.     Air Terjun Temam Kota Lubuk Linggau 

 

Air terjun Temam yang sering dijuluki miniatur Air Terjun Niagara merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Kelurahan Rahma, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Air Terjun Temam ini memang bentuknya memanjang ke samping seperti tirai raksasa, mirip air terjun Niagara dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Air terjun ini berasal dari aliran Sungai Temam yang masih bersih dan terbebas dari sampah, jadi kita tidak perlu khawatir untuk tetap bisa menikmati dan bermain air di area air terjun ini.


Air terjunyang terbentuk secara alami ini memiliki bentuk memanjang yang berukuran tinggi sekitar 12 meter dan lebar mencapai 25 meter. Keunikan batu yang berbentuk celah dan melengkung di bawah air terjun ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang duduk-duduk sambil menikmati sensasi jatuhnya air di hadapan mereka. Untuk jarak perjalan dari KPKNL Lahat, air terjun yang satu ini lumayan jauh, Kance sekalian, yakni sekitar 85 km atau sekitar 2 jamperjalanan darat menggunakan mobil pribadi. 

 

4.      Air terjun Bedegung di Kabupaten Muara Enim

 

Tempat wisata di Muara Enim yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Bedegung. Air terjun yang dikenal juga sebagai “Curup Tenang" ini sudah sangat terkenal sejak jaman dulu serta cukup mewakili Kabupaten Muara Enim bila kita bahas pada artikel kali ini ya, Kance Lahat.

Lokasi Air Terjun Bedegung berada di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Muara Enim, namun air terjun setinggi 99 meter ini termasuk salah satu air terjun yang mudah dijangkau, baik dengan mengunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Fakta menarik lainnya adalah Air Terjun Bedegung menjadi spot lokasi syuting film “Pengejar Angin” tahun 2011 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan mendapatkan Penghargaan Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik Lainnya kala itu. Perjalanan menuju lokasi dari KPKNL Lahat menempuh jarak lebih kurang 90 km atau sekitar 2 jam perjalanan darat menggunakan mobil pribadi. 


Untuk artikel kita kali ini, cukup 4 objek wisata alam ini saja dulu ya, Kance Lahat. Mudah-mudahan di edisi artikel selanjutnya kita akan bahas objek wisata lain dan takkalah menarik yang ada di wilayah kerja kami tercinta. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Kance Lahat. 


KPKNL Lahat Serelo !!!!


Ditulis oleh : Roby Fadil - KPKNL Lahat

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini