Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jambi > Berita
Kunjungan Lapangan Tim Penilai Dan Dewan Juri Ke KPKNL Jambi Dalam Rangka KOIN (Kompetisi Inovasi) MAS DJKN 2021/2022
Helisa Wini Novita
Selasa, 20 September 2022   |   201 kali

Jambi – Rabu (14/09) Tenaga Pengkaji Optimalisasi Kekayaan Negara (TPOKN) Kantor Pusat DJKN beserta sejumlah staf sebagai Tim Penilai dan Dewan Juri melakukan tinjauan ke KPKNL Jambi terkait dengan Perkembangan Tim KOIN (Kompetisi Inovasi Aset Manager) 2022/2023. Kunjungan TPOKN ini berkaitan dengan telah berhasilnya Tim KOIN MAS KPKNL Jambi masuk ke dalam 5 Besar Nasional Kompetisi tersebut.

Bertempat di Ruang Rapat KPKNL Jambi, Tim KOIN memaparkan ringkasan proyek KOIN KCBN (Kompleks Cagar Budaya Nasional) Candi Muara Jambi yang secara garis besar mengusung tema Eco-Edutainment Tourism. 4 (Empat) poin penting dari Eco-Edutainment Tourism ini, Eco – Education – Entertainment – Tourism diharapkan menjadi poin atraksi pengembangan wisata yang berbasis ekologi dan pendidikan.

Tim KOIN dalam pertemuan ini menyampaikan uraian atas pelaksanaan proyek berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan atas Laporan Akhir Optimalisasi Aset. Proyek Optimalisasi pada KCBN ini meliputi Perjanjian Kerja Sama, Pinjam Pakai, Sewa, CSR (Corporate Social Responsibility), dan Pemberdayaan Masyarakat. Deskripsi atas pelaksanaan proyek seperti; ketepatan implementasi, kompleksitas proyek, keaktifan Tim KOIN, nilai manfaat dan dampak sosial-ekonomi, kualitas dokumentasi proyek disampaikan secara lebih detail. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan konfirmasi antara Tim KOIN dan Tim Penilai.

Pada Kamis (25/09) dengan agenda kunjungan lapangan, Tim Penilai dan Dewan Juri terjun langsung ke area KCBN (Kawasan Cagar Budaya Nasional) didampingi Tim KOIN beserta pihak lain yang terlibat, di antaranya meliputi BPCB Jambi, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Bank Indonesia Jambi, Pelaku UMKM, dan Media.

Starting point kunjungan adalah dari Kantor KPKNL menuju area proyek KCBN menggunakan transportasi Bus Trans Siginjai. Kunjungan pertama adalah Kawasan Candi Koto Mahligai untuk menyaksikan kegiatan pemugaran candi yang sedang berlangsung, di mana pemugaran ini berdampak langsung secara ekonomi berupa penyerapan tenaga kerja. Agenda selanjutnya adalah kunjungan ke daerah candi Kedaton. Pada area ini, Tim Penilai dan Dewan Juri dapat melihat candi yang telah selesai dipugar. Dengan selesainya pemugaran candi ini merupakan wujud dari komitmen atas pelestarian cagar budaya serta memberikan dampak peningkatan wisatawan lokal maupun luar daerah untuk mengunjungi kawasan serta meningkatkan kondisi ekonomi pelaku UMKM yang ada di area sekitar candi.

Sebagai rangkaian akhir dari Kunjungan Lapangan, Tim Penilai dan Dewan Juri mengunjungi Kanal Kuno Candi Astano dan budidaya ikan di kanal tersebut sebagai wujud dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dari perusahaan-perusahaan sekitar kawasan, sebelum mendengarkan sedikit gambaran dari role model pemilik usaha atau pelaku UMKM di sekitar area setelah dilakukan Optimalisasi Aset.

 

#OptimalisasiAsetNegara

#BersamoKitoBiso

#KPKNLJambiPadekNiaN

#KPKNLJambiMenujuZIWBBM

Narasi&Foto : Novi/Rizky

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini