KPKNL Dumai
Berita DJKN

Kegiatan Bulan Ramadhan 1440 H / 2019 M di KPKNL Dumai

Senin, 27 Mei 2019   |   68 kali

            KPKNL Dumai menyelenggarakan beberapa kegiatan guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT pada bulan yang suci dan penuh berkah ini, diantaranya : sholat berjamah, tadarus Al-Quran, pengajian (bimbingan mental), buka puasa bersama, sedekah takjil dengan kegiatan  “Gerobak Sedekah”, serta bakti sosial berupa santunan kepada anak yatim piatu.

KPKNL Dumai pada Ramadhan 2019 tetap memberikan pelayanan optimal kepada para stakholder. Jam layanan dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Selain tetap memberikan pelayanan pada bulan Ramadhan ini, KPKNL Dumai juga mengadakan beberapa kegiatan keislaman pada jam-jam istirahat atau saat jam pulang kantor.

Kegiatan pertama yaitu kegiatan sholat berjamah pada waktu zhuhur dan ashar yang dilaksanakan di Musholla Seroja yang terletak di lantai satu. Sholat berjamaah dikuti oleh pegawai laki-laki dan perempuan. Bertindak sebagai imam Kepala KPKNL Dumai, Dirmanti Jaya atau pegawai lain jika Dirmanti berhalangan. Kegiatan kedua tadarus Al-Quran, kegiatan ini diikuti oleh sebagian pegawai yang dilaksanakan di mushola lantai satu dan lantai dua. Kegiatan ketiga bimbingan mental atau bintal berupa pengajian. Kegiatan hafalan dan tadabur alquran ini dilaksanakan secara rutin oleh pegawai perempuan setiap hari Jum’at pada saat pegawai laki-laki sedang melaksanakan sholat Jum’at.

Kegiatan selanjutnya yaitu buka puasa bersama yang dilaksanakan pada Hari Senin tanggal 20 Mei 2019 pukul 17.30 yang dihadiri oleh keluarga besar KPKNL Dumai dan juga tamu dari Direktorat Hukum Humas yang kebetulan sedang ditugaskan di kota Dumai. Menurut Dirmanti tujuan kegiatan buka puasa bersama adalah untuk mempererat tali silahturahmi antar keluarga besar KPKNL Dumai. Acara buka puasa diawali dengan bintal berupa ceramah oleh Ustadz Agustri. Dalam ceramahnya ustadz berpesan agar pegawai KPKNL Dumai tidak menunda waktu sholat dan diusahakan berjamaah karena pahalanya lebih besar. Menurutnya sholat merupakan amalan yang dihisab pertama kali.

Kegiatan kelima yaitu sedekah takjil dengan kegiatan “Gerobak Sedekah”. “Gerobak Sedekah” yang biasanya dilaksanakan setiap jum’at pagi, diubah menjadi hari Selasa dan Jum’at Sore. Jika diluar Bulan Ramadhan makanan yang disediakan berupa nasi, khusus di bulan ramadhan makanan yang disediakan juga berupa takjil. Takjil/makanan tersebut diberikan kepada warga yang melintasi jalan di depan KPKNL Dumai.

Kegiatan keenam yaitu santunan yang dilaksanakan di Panti Asuhan An-Nuur Kota Dumai yang beralamat di Jalan Sadar Dock Yard Kota Dumai. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala KPKNL Dumai dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Kepala Panti Asuhan. Kemudian Dirmanti menyerahkan bantuan dari pegawai KPNKL Dumai kepada Pengurus Panti Asuhan An Nuur,  Hj. Hailidar Nur didampingi oleh perwakilan anak-anak penghuni panti asuhan. Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai, bingkisan dan sembako.

Dirmanti mengharapkan kegiatan Ramadhan memberi berkah menuju kearah yang lebih baik dan selalu menuju kemajuan yang akan membawa KPKNL Dumai  yang penuh dengan kebaikan dan kejujuran serta menjadikan pegawainya menjadi pribadi yang bekerja dengan ikhlas atas nama Allah untuk menjadi pelayan masyarakat yang adil dan dilandasi dengan kejujuran.

Dirmanti juga mengharapkan kegiatan yang dilakukan di bulan Ramadhan KPKNL Dumai seperti sholat berjamaah, tadarus, kunjungan ke panti asuhan dan gerobak sedekah tetap dilaksanakan setelah bulan Ramadhan. Hal ini agar keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT tetap terjaga.

 

 (Narasi/Foto : Seksi HI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
BROSUR LAYANAN KPKNL DUMAI
Rabu, 24 Juli 2019
SEROJA E-MAGAZINE KPKNL DUMAI
Rabu, 24 Juli 2019
Layanan Pengaduan Masyarakat
Kamis, 19 April 2018
Kontak
Jalan Sultan Syarif Kasim No. 55, Kode Pos 28813
(0765) 439993
(0765) 439992
kpknldumai@kemenkeu.go.id