Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
SMA Negeri 2 Visit KPKNL Dumai
Desy Agustin
Jum'at, 19 Oktober 2018   |   818 kali

Dumai – 15 Oktober 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai menggelar kegiatan Visit KPKNL Dumai dengan peserta yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Dumai. Sebanyak 50 (lima puluh) Siswa/siswi datang mengunjungi KPKNL Dumai pada hari senin usai Upacara Bendera.

Kegiatan Visit KPKNL Dumai ini dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMAN 2 Dumai, Agustina, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah bidang Kehumasan SMAN 2 Dumai Drs. Herman, M.Pd., beserta para Guru SMAN 2 Dumai. 

Dengan tagline “We are Assets Guardian ; We are New Generation” yang dipandu oleh Winda Arnisa, Pembawa Acara Visit KPKNL, menambah semangat dan antusias siswa/siswi SMAN 2 Dumai dalam memulai kegiatan Visit KPKNL Dumai. Kegiatan dibuka oleh winda di SEROJA Meeting Room dan dilanjutkan dengan kegiatan Visit Ruangan KPKNL Dumai yang dipandu oleh Aris Suhada Mian Kepala Subbagian Umum, dan Machmud Yunus Kepala Seksi Kepatuhan Internal.

Siswa/siswi peserta Visit yang dibagi menjadi 2 Kelompok terlihat semangat dan antusias dalam mengikuti dan menyimak penjelasan dari pemandu mengenai ruang dan fasilitas KPKNL serta tugas fungsi dan struktur organisasi di KPKNL Dumai.

Semangat itu juga berhasil menggetarkan ruangan saat seluruh peserta kembali seusai kegiatan visit dan bersama-sama menyanyikan Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” ciptaan Wage Rudolf Supratman yang dipimpin oleh Rizky Eka Samudra.

Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Machmud, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala KPKNL Dumai, Dirmanti Jaya. Dirmanti menyampaikan sekilas tentang profil dan tugas KPKNL yang salah satunya adalah mengenalkan KPKNL Dumai kemasyarakat luar khususnya civitas akademika. Menurut Dirmanti keberadaan KPKNL di Dumai merupakan salah satu nilai tambah untuk masyarakatnya, karena segala urusan terkait pelayanan KPKNL tidak perlu diurus hingga ke Ibu Kota Povinsi, baik itu Pelayanan Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Piutang Negara dan juga Pelayanan Lelang. Salah satu tugas dibidang pengelolaan kekayaan negara adalah menjaga aset negara, Dirmanti juga menghimbau agar  para siswa/siswi untuk turut menjaga asset negara dengan tidak mencorat coret dan merusak aset negara.

Drs. Herman, M.Pd., Wakil Kepala Sekolah bidang Kehumasan SMAN 2 Dumai dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Visit KPKNL Dumai yang menurutnya KPKNL masih asing baik bagi guru maupun siswa/siswi SMAN 2 Dumai sehingga di momen ini lah kali pertama mereka mengenal dan masuk ke KPKNL. Herman juga mengajak dan menghimbau Siswa/siswi nya untuk mendengar dan memberikan atensi selama acara berlangsung.

Pembawa acara kembali me-refresh semangat Siswa/siswi dengan Salam khas KPKNL Dumai yang juga telah dikenalkan saat Visit yakni Salam SEROJA! “Semangat, Energik, Ramah, Optimis, Jujur dan Amanah” sontak dijawab seluruh peserta dengan kompak dan penuh semangat.

Bahan paparan yang menarik dan mudah dimengerti disiapkan oleh Novaridz Dian Mulyanto untuk mengisi pemaparan terkait layanan KPKNL Dumai. Materi pengenalan profil KPKNL Dumai yang dibawakan oleh Iling Saidah, Kepala Seksi Hukum dan Informasi, menjelaskan visi misi, sejarah berdirinya, tugas dan fungsi, wilayah kerja dan struktur organisasi KPKNL Dumai yang diselingi dengan memberikan pertanyaan kepada peserta.

Materi Pengurusan Piutang Negara dibawakan oleh Aris dengan menjelaskan mekanisme terjadinya piutang negara. Menurut Aris stakeholder yang menyerahkan pengurusan piutang negara kepada KPKNL Dumai yakni Pemkab Siak, Pemkab Bengkalis, Pemkab Kepulauan Meranti, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai dan Duri, LPDB Kementerian Koperasi UMKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, DJKN untuk Eks. Barang Dalam Likuidasi, KPPBC Siak dan RSUD Kota Dumai.

Iling Saidah memberikan pemaparan materi Pengelolaan Kekayaan Negara menjelaskan mengenai pengertian kekayaan negara baik dipisahkan maupun tidak dipisahkan, Barang Milik Negara (BMN) dan Kekayaan Negara Lain-Lain. Selain itu juga dijelaskan tentang mekanisme pengelolaan BMN dan peran KPKNL sebagai manager asset. Iling mencontohkan asset BMN yang ada satker kepolisian seperti tanah, bangunan, meja, kursi dan komputer.

Materi Pelayanan Penilaian yang dibawa oleh Desti Marlindang, pelaksana pada Seksi Pelayanan Penilaian. Layanan penilaian pada KPKNL Dumai yaitu melakukan penilaian terhadap Barang Milik Negara/Daerah, Barang Jaminan dari Pengurusan Piutang Negara, Kekayaan Negara Dipisahkan, Kekayaan Negara Lain-lain, Badan Usaha Milik Negara/Daerah, dan Kekayaan negara yang dikuasai.

Riuh peserta pun kembali ketika pembawa acara mempersilahkan perwakilan pemateri pelayanan lelang, Susilo Prajoko Kepala Seksi Pelayanan Lelang sebagai "bang kekayaan"  dan  Andy Gustaf Hutabarat   "bang negara"  tampil dan membawakan materi layanan lelang. Diawali dengan pemutaran video lelang dilanjutkan dengan simulasi lelang secara konvensional yang diikuti oleh peserta yang mempunyai uang minimal Rp.5.000,- sebagai uang jaminan. Barang yang dilelang terdiri dari delapan lot barang yaitu : satu buah tas ransel, lima buah flashdisk, satu buah speaker, dan satu buah headphone.  Para peserta antusias menawar barang yang dilelang. Pemenang yang ditunjuk diwajibkan untuk membayar untuk menyelesaikan administrasi. Simulasi lelang pun akhirnya ditutup setelah semua objek lelang laku terjual.

Untuk menguji  pemahaman peserta  dan menambah semangat peserta, dilaksanakan quiz kahoot secara online dengan pemandu Desy Agustin. Pertanyaan-pertanyaan terkait pemaparan dan juga pengetahuan umum. Peserta yang memperoleh score tertinggi yaitu Demitry, Muhd Herlambang, Jerem, Jecky Tamora, dan Spica Despata berhak mendapat souvenir dari KPKNL Dumai.

Diakhir kegiatan Dirmanti menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan peserta dalam rangkaian kegiatan Visit KPKNL Dumai 2018. Sebagai kenangan atas kerjasama terselenggaranya kegiatan Visit KPKNL Dumai 2018, dilaksanakan penyerahan plakat kenang-kenangan antara KPKNL Dumai yang diwakili oleh Dirmanti dan SMAN 2 Dumai yang diwakili oleh Herman.

 

(Narasi : Desy Agustin, Editor : Iling Saidah, Dokumentator : Desy Agustin, Zainal Aulia, Beni Syahputra Pardede)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini