Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Artikel
Lelang UMKM sebagai Salah Satu Sarana dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat
Syarrah Khairunnisaa
Jum'at, 22 September 2023   |   34 kali

Seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian Indonesia serta dengan penetapan berakhirnya status pandemi COVID-19 di Indonesia. Pengembangan pada sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan peranan penting pada upaya pertumbuhan ekonomi Nasional. Hal ini didasari oleh besarnya andil UMKM terhadap pendapatan daerah dan pendapatan Negara. Kebutuhan modal untuk investasi awal untuk UMKM yang relatif kecil dan tingkat pemanfaatan sumber daya manusia yang relatif tinggi, memungkinkan UMKM dapat dengan mudah beradaptasi terhadap kebutuhan pasar yang selalu berubah dari waktu ke waktu.

UMKM mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jenis usaha lainnya. Yang pertama adalah jenis produk yang tidak ditentukan, sehingga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Kedua, lokasi UMKM dapat diubah sesuai kebutuhan. UMKM biasanya belum memiliki sistem pengelolaan yang detail seperti industri besar. UMKM biasanya memiliki jumlah orang yang sedikit dan pengelolaan yang relatif lebih sederhana. 

Modal umumnya diperoleh dari non-bank, meskipun lebih baik menggunakan modal dari bank atau kreditor. Selain itu, dalam hal pengelolaan suatu usaha, rata-ratanya tidak memiliki izin, NPWP, ataupun legalitas. Secara administratif, UMKM masih belum memiliki sistem yang sempurna, dan dalam hal pembiayaan, tidak ada pembedaan antara perusahaan swasta dan korporasi. Lokasi perusahaan masih berada di daerah asal dan kurang strategis. Pengelolaannya masih sederhana dan pegawai yang masih sedikit, sekitar 5 sampai dengan 10 orang. Belum masuk impor dan ekspor, kalaupun ada, masih sangat sedikit dan tindakan yang dilakukan masih minim.

DJKN memberikan layanan dan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk melelang produknya. Melalui kantor vertikal dan kantor wilayah, DJKN menggelar lelang sukarela produk-produk UMKM selama sepekan dan serentak di seluruh Indonesia. Calon peserta yang ingin mengikuti lelang harus mendaftar terlebih dahulu dan/atau membuat akun melalui website. Lelang produk UMKM terbuka untuk umum, sehingga siapa pun bisa menjadi pembeli produk UMKM jika memiliki akun lelang di Aplikasi Lelang Indonesia atau portal lelang.go.id. Akun di lelang.go.id dapat dibuat dengan mengikuti persyaratan pendaftaran.

Ayo ikut Lelang UMKM!

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini