Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DJKN Goes to Campus: Mahasiswa Universitas Udayana Diperkenalkan pada APBN KiTA 2023 dan Pengelolaan Barang Milik Negara
Mayumi Ralisda Jawas
Rabu, 22 November 2023   |   34 kali

Denpasar, 21 November 2023 - Auditorium Universitas Udayana menjadi saksi kegiatan menarik pada acara "DJKN Goes to Campus" yang bertema APBN KiTA 2023 dan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Udayana dan diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan.

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Kepala Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara, Sudarsono, serta Rektor Universitas Udayana Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D. Sudarsono menyampaikan harapannya agar acara ini dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa dalam memahami tugas dan fungsi DJKN sebagai salah satu unit eselon I di Kementerian Keuangan. Rektor Ngakan juga berharap mahasiswa dapat memperkaya pengetahuan mereka melalui penjelasan nara sumber dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai APBN KiTA dan pengelolaan BMN oleh Desak Putu Jenny, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara, yang dimoderatori oleh Yuniantoro Sudrajad, Kepala Seksi Informasi Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara. Beliau menjelaskan tugas Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN, yang sebenarnya adalah milik seluruh masyarakat Indonesia. APBN KiTA dikelola dengan baik untuk memberikan manfaat bagi negeri, mulai dari kesehatan, pendidikan, infrastruktur, hingga dukungan perekonomian. Selanjutnya, dibahas pula peran DJKN dalam Pengelolaan Barang Milik Negara. Salah satunya dengan mengelola BMN Idle yang tidak digunakan untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi Kementerian Negara/Lembaga. DJKN sebagai pelaksana fungsional dapat membantu meringankan beban belanja negara dan menambah pendapatan negara bukan pajak (PNBP) melalui pengelolaan BMN yang tidak digunakan. Sesi tanya jawab dilanjutkan dengan antusias dan kritis dari para peserta, yang kemudian diikuti dengan simulasi pelaksanaan lelang oleh Pelelang Pertama KPKNL Denpasar, Fitrianingsih. Acara berlangsung meriah dan interaktif.

Acara mencapai puncak keseruan dengan simulasi pelaksanaan lelang yang dipandu oleh Pelelang Pertama KPKNL Denpasar, Fitrianingsih. Tiga barang dilelang dengan antusiasme peserta yang memadati auditorium, menciptakan momen interaktif dan mendidik. Simulasi lelang ini memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam proses lelang barang milik negara. Dengan penuh semangat, peserta turut serta dalam penawaran untuk memperoleh barang yang dilelang. Fitrianingsih menjelaskan proses lelang dan memberikan wawasan tentang pentingnya lelang dalam pengelolaan BMN. Acara berjalan dengan seru, diiringi tawaran-tawaran yang kompetitif dari peserta yang ingin memenangkan barang lelang. Proses ini tidak hanya memberikan pemahaman praktis, tetapi juga menciptakan suasana yang menghibur dan interaktif.

Setelah simulasi lelang, acara dilanjutkan dengan kuis dan games kahoot yang semakin memeriahkan suasana. Peserta bersaing secara penuh semangat untuk menjawab pertanyaan seputar APBN, pengelolaan BMN, dan topik terkait lainnya. Games ini tidak hanya menyegarkan pikiran, tetapi juga menguji pengetahuan yang telah diperoleh selama acara. Sebagai penutup yang meriah, acara "DJKN Goes to Campus" di Universitas Udayana tidak hanya memberikan wawasan mendalam tentang APBN dan pengelolaan BMN, tetapi juga menciptakan pengalaman berharga dan membangun memberi informasi memadai tentang tugas dan fungsi DJKN.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini