Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berkelana Ke Negeri Sakura Demi Revaluasi BMN
I Wayan Dipayana Ekantara
Jum'at, 26 Oktober 2018   |   279 kali

Denpasar (24/8) ─ Kegiatan rutin SJS (Setengah Jam Saja) di KPKNL Denpasar kali ini mengupas kegiatan Revaluasi BMN di Luar Negeri dengan narasumber Elvina Noviawanti, seorang pelaksana di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Denpasar. Bertempat di Aula KPKNL Denpasar, acara dibuka dengan arahandari Kepala Kantor, Wahyu Nendro. Elvina mewakili KPKNL Denpasar dalam kegiatan yang diadakan mulai 16 Juli 2018 hingga 2 Agustus 2018.


Dalam deskripsinya, Elvina mengunjungi 6 kota di empat negara seperti, Manila, Davao, Tokyo, Osaka, Seoul, dan Brunei Darussalam. Selama 18 hari, Ia melakukan penilaian kembali pada 10 satuan kerja milik KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) dan BAIS TNI (Badan Intelijen Strategis TNI) bersama tim. Menurutnya, itu adalah suatu pengalaman dan kesempatan yang membahagiakan karena selain dapat mengetahui aset negara yang ada di luar negeri, Elvina juga dapat banyak ilmu mengenai perbedaan revaluasi di Indonesia dan luar negeri.


Elvina mengatakan revaluasi di Indonesia itu data pembandingnya mudah dicari. Bisa dari website, dan data lain. Kalau di luar negeri data pembanding sangat susah dicari. "Sampai kami akhirnya dibantu oleh tim satker,” ia menambahkansambil menunjukkan tabel perbedaan. Dari masing- masing negara, Elvina berbagi pengalaman menarik tentang keunikan di tiap daerah. Saat melakukan penilaian di Manila ia sempat diguyur hujan selama tiga dan ketika di Tokyo saat dirinya dan tim akan menilai lokasi tanah dan/atau bangunan terjadi kecelakaan lalu lintas.


Negara yang paling berkesan di benaknya adalah Jepang. Menurutnya, Jepang sangat hangat penyambutannya. Orang- orangnya pun ramah serta tidak segan untuk membantu sesama walaupun ada kendala dalam bahasa. Jika diberi kesempatan kembali, Elvina mau untuk mengulang revaluasi di negeri sakura tersebut. Pengalaman yang membekas serta ilmu yang tertanam menjadi bekal motivasi bagi rekan-rekan kerja KPKNL Denpasar agar tergugah hatinya untuk mengikuti kegiatan revaluasi di luar negeri di kemudian hari.


Pada akhir  acara, Kepala KPKNL Denpasar, Wahyu Nendro menyampaikan harapan agar pegawainya dapat berkesempatan yang sama dengan Elvina untuk menambah knowledge serta pengalaman hidup yang membekas. Dengan mengikuti seleksi yang diadakan Kantor Pusat DJKN, pegawai yang terpilih akan menjadi wakil untuk melakukan penilaian kembali BMN di luar Indonesia. (teks by isnynmr, Foto: Maya, Dipa)




Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini