Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Denpasar > Artikel
Nusa Gede Island, Wisata Gratis Penuh Pesona
Mayumi Ralisda Jawas
Rabu, 22 Februari 2023   |   828 kali

Nusa Gede Island adalah salah satu dari dua pulau kecil di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali. Terlepas letaknya yang berada dikawasan elit perhotelan, kawasan ini terbuka gratis untuk umum. Akses masuk kawasan ini melalui hotel Melia Bali dan Grand Hyat yang dapat diakses oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Dengan luas wilayah sekitar 7,4 hektar, pulau ini dikelilingi oleh berbagai atraksi wisata yang dapat memanjakan mata wisatawan. 

 

Pantainya yang indah dan berpasir putih menjadi tempat bersantai dan bermain bersama keluarga. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sunrise sekaligus sunset di pulau ini. Pantai ini juga sering dicari oleh peselancar saat air laut sedang pasang. Selain itu, terdapat juga taman luas yang ditumbuhi rumput dan pohon rindang yang semakin menambah daya tarik kawasan ini. Pengunjung dapat duduk santai menikmati semilir angin pantai. 

 

Bagi yang ingin berolahraga atau jalan santai, kawasan ini juga memiliki jalur jogging yang mengelilingi patung tokoh pewayangan Arjuna dan Kresna yang berdiri kokoh di tengah taman. Kawasan ini juga sering dipakai untuk acara-acara seperti konser, festival, gathering dan lain sebagainya.

 

Di kawasan ini juga terdapat sebuah pura yang sering dipakai oleh umat Hindu dalam kegiatan peribadahan yaitu Pura Dalem Bias Tugel. Pura ini unik karena terletak di atas tebing, sekilas mengingatkan pada pura tanah lot di Tabanan. Umat hindu yang akan melakukan persembahyangan dapat langsung akses ke pura karena kendaraan mereka baik sepeda motor ataupun mobil diperkenankan memasuki areal taman ini.

 

Di dalam kawasan ini juga terdapat tempat wisata waterblow dimana wisatawan dapat menikmati dan mengabadikan deburan dan dentuman ombak dengan air laut yang menyembur ke udara. Hal ini disebabkan karena pertemuan gelombang besar air laut dari samudera Hindia dengan batu karang yang menciptakan hantaman keras yang menimbulkan efek semburan air setinggi 20 meter menyerupai payung. 

 

Untuk masuk ke kawasan waterblow, pengunjung dikenakan tarif masuk. Bagi wisatawan domestik sebesar Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Sementara untuk wisatawan mancanegara dikenakan sebesar Rp 25.000 untuk orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Waterblow dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WITA.

 

Nusa Gede Island adalah tempat terbaik untuk menikmati waktu dan melepas penat dari rutinitas. Tanpa mengeluarkan uang, pengunjung dapat menikmati pantai yang indah, taman yang teduh dan wisata religi. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah untuk menjaga kebersihan pulau ini. Yuk rencanakan liburan ke Nusa Gede Island! 


Mayumi & Fur'qon

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini