Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Denpasar > Artikel
Bali Butterfly Park, Eduwisata Spesies Kupu-kupu di Indonesia
Septsonno
Rabu, 30 November 2022   |   3471 kali

Bali dengan begitu banyak nya spot wisata alam yang memukau dunia, bisa jadi belum banyak yang tahu kalau ternyata Bali juga memiliki objek wisata yang sekaligus juga bisa sebagai objek penelitian maupun edukasi, yaitu penangkaran dan pelestarian kupu-kupu.

Terletak di Kabupaten Tabanan yang tepatnya berada di Jalan Batukaru, Penebel, sekitar 30 menit waktu berkendara dari Kota Denpasar, Bali Butterfly Park adalah area konservasi kupu-kupu  terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1996 oleh PT Kupu-kupu Taman lestari, Bali Butterfly Park menawarkan objek wisata edukasi dengan segmen penikmat dari wisatawan, pelajar maupun peneliti.

Sejak beroperasi pada tahun 1996 sampai dengan awal masa pandemi covid 19, taman konservasi kupu-kupu ini mencatatkan data kunjungan wisatawan mancanegara yang lebih banyak dibandingkan wisatawan domestik. Pandemi covid 19 yang memberikan dampak luar biasa terhadap pariwisata Bali yang secara umum mengakibatkan sektor pariwisata Bali sangat terpuruk, tidak terkecuali Bali Butterfly Park juga ikut merasakan dampak tersebut. Pengurangan gaji sampai dengan pengurangan jumlah karyawan dilakukan oleh manajemen, namun guna keberlanjutan taman konservasi maka kontinuitas pengembangan kepompong kupu-kupu masih tetap dilakukan. Setelah masa berat dampak pandemi covid 19, secara perlahan Bali Butterfly Park mulai menggeliat kembali di semester 2 tahun 2022. Jumlah spesies kupu-kupu yang dikembangbiakkan semakin meningkat dan menuju kestabilan seperti masa sebelum pandemi.

Di taman konservasi ini terdapat 5 jenis kandang yang digunakan selama proses penangkaran kupu-kupu, yaitu kandang reproduksi, pemeliharaan telur, pemeliharaan larva, kandang kepompong, dan kandang kupu-kupu. Selain kupu-kupu ada juga sejumlah serangga lain yang dilestarikan di Bali Butterfly Park, banyak spesies kupu-kupu baik yang dilindungi maupun yang belum dilindungi yang pernah dikembangbiakan.

Dengan luas lahan kurang lebih 1 Ha, taman konservasi ini juga menawarkan tempat healing yang sangat baik bagi pengunjungnya. Taman bunga dan area pendukung lainnya yang sekaligus sebagai habitat kupu-kupu menjadi spot yang diyakini sangat memikat pandangan. Interaksi langsung dengan sejumlah spesies kupu-kupu menjadi wisata unik yang pasti akan disukai semua kalangan mulai anak-anak sampai dengan orang dewasa. Selain itu, ada juga museum kupu-kupu serta galeri kerajinan/souvenir/pernak-pernik bernuansa kupu-kupu. Dengan kata lain, Bali Butterfly Park is all about butterfly, niscaya anda akan terpukau jika mengunjunginya.

 

(Septsonno//Muhamad Furqon)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini