Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Denpasar > Artikel
Healing, Bersepeda di Ubud Bali
Mayumi Ralisda Jawas
Kamis, 29 September 2022   |   285 kali

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang dewasa ini mulai digandrungi oleh masyarakat karena menawarkan banyak manfaat, baik untuk diri pribadi maupun lingkungan. Beberapa manfaat bersepeda bagi diri pribadi dilansir dari laman alodokter antara lain menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menjaga kesehatan otot dan sendi, menjaga berat badan, menurunkan kadar hormon pemicu stress dan menjaga kestabilan hormon insulin yang dapat menurunkan risiko diabetes dan kanker. 

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi pada jurnal Communications Earth and Environtment, apabila setiap orang bersepeda 1,6 kilometer setiap hari, maka akan mengurangi emisi karbon sekitar 414 juta ton per tahun. Hal ini tentunya dapat membantu mengkontrol krisis iklim global yang mengancam keberlangsungan hidup manusia di muka bumi. Dengan berbagai manfaat yang dapat diberikan, tidak heran jika banyak orang yang mulai beralih ke sepeda sebagai moda transportasi.

Bersepeda sebagai salah satu aktivitas saat berlibur juga sangat menarik wisatawan yang berkunjung ke Bali, terutama Ubud. Dengan daya tarik alamnya yang masih asri jika dibandingkan dengan wilayah lain di Bali, Ubud menjadi lokasi yang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Salah satu rute yang sangat terkenal di kalangan wisatawan adalah rute Tegalalang menuju ke Puri Dalam Ubud. Tegalang adalah salah satu spot wisata yang terkenal dengan barisan sawahnya yang berundak-undak. 

Di sepanjang jalan dari Tegalalang menuju Puri Dalem Ubud, mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan lahan sawah, pohon kelapa dan langit biru yang membentang. Perjalanan ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam dimana pesepeda dapat menikmati alam yang indah dan udara segar pedesaan yang bebas dari polusi. Setelah sampai di Puri Dalem, pengunjung dapat melakukan tour di sekitar puri dan kembali ke titik awal di Tegalalang melalui Pasar Seni Ubud. Dengan rute ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dan menjelajahi sosial budaya Ubud. 

Selain rute Tegalalang-Puri Dalem, rute lain yang sering ditempuh untuk bersepeda di Ubud antara lain: Bukit Campuhan, Kintamani, Taman Kupu-kupu Kemenuh dan Monkey Forest. Masing-masing rute tersebut memiliki daya tariknya masing-masing. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit di Bukit Campuhan, indahnya Danau Batur di Kintamani, dikelilingi berbagai varian kupu-kupu di Taman Kemenuh dan mengunjungi monyet-monyet di Monkey Forest. 


Referensi:

https://www.alodokter.com/mari-telaah-manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan

https://www.mediaindonesia.com/weekend/516860/studi-ungkap-bersepeda-bisa-mengurangi-700-juta-ton-gas-karbon-di-udara

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini