Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Denpasar > Artikel
Sinergi Membangkitkan UMKM Untuk Mendongkrak Ekonomi di Bali
Heni Kholifatul Ulum
Rabu, 29 Juni 2022   |   1279 kali

Pariwisata adalah penopang utama pertumbuhan ekonomi Bali, namun kondisi berbalik saat pandemi. Pemberlakuan berbagai kebijakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 berimbas pada jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini menimbulkan efek domino berbagai pelaku usaha mulai dari penyediaan akomodasi makan dan minum, pertanian kehutanan dan perikanan, konstruksi, perdagangan besar dan eceran, industry pengolahan, dan transportasi dan pergudangan.

Di tengah kontraksi ekonomi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki andil besar dalam membangkitkan perekonomian Bali. UMKM memiliki potensi yang dapat dikembangkan baik dari segi kapasitas usaha, kualitas produk, dan ekspansi pemasaran produk. Maka dari itu Kementerian Keuangan yang bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara dan kekayaan negara terus menerus memberikan fasilitas dan instrumen untuk mendukung para pelaku UMKM.

Salah satu wujud nyata adalah Sosialisasi UMKM Week 2022 yang diselenggarakan oleh KPPBC TMP A Denpasar pada Jumat tanggal 24 Juni 2022. Kegiatan ini merupakan sinergi antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), dan Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP). Pada kesempatan ini Puguh Wiyatno menyampaikan komitmennya untuk selalu membantu UMKM dalam mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan dan menjalin komunikasi secara berkelanjutan.  

Selanjutnya BLU PIP juga menyampaikan mengenai program Pembiayaan Ultra Mikro (PUMi). Program ini difokuskan untuk pelaku usaha ultra mikro yang belum bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dari sisi pemasaran, DJKN mempunyai kegiatan bertajuk Kedai Lelang UMKM sebagai media alternatif untuk transaksi jual beli dan memasyarakatkan produk UMKM.

Melalui kegiatan ini pelaku UMKM ini diharapkan mendapatkan informasi dan kemudahan untuk memperoleh pembiayaan, mengenalkan produk UMKM kepada masyarakat luas baik di dalam negeri maupun luar negeri, dan proses pengiriman produk terutama ekspor menjadi lebih mudah. 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini