Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bukittinggi > Kilas Peristiwa
Alternatif Ngabuburit Asyik Saat di Rumah Saja
Corina Nafia
Kamis, 14 Mei 2020   |   438 kali

Bulan Ramadhan kali ini memang berbeda dari bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya.  Menghadapi pandemi Covid-19, masyarakat diimbau untuk tetap di rumah saja. Hal ini tidak lepas dari kebijakan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah.

Kalau biasanya bulan Ramadhan diidentikkan dengan ngabuburit atau jalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, kali ini mungkin akan sedikit berbeda. Momen ngabuburit yang biasanya diisi dengan berburu takjil, sekarang bias diganti dengan kegiatan seru tanpa harus keluar rumah. Eits, bukan berarti tidak bias ngabubuit yaa, hanya saja tempatnya yang berubah, yaitu dirumah.

Berikut ngabuburit seru yang bisa kamu lakukan di rumah saja :

1.    Membaca Al-Quran

Tidak ada yang lebih baik selain menunggu waktu berbuka puasa dengan membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Membaca Al-Quran sambil menunggu waktu berbuka bias dilakukan secara mandiri ataupun bersama. Ajak keluarga lain untuk ikutan tadarusan.

2.    Memasak Makanan Buka Puasa

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak orang-orang yang mulai bereksperimen dengan membuat makanannya sendiri karena tidak bias makan di restoran ataupun rumah makan. Apalagi agenda buka puasa bersama teman-teman atau kerabat yang telah menjadi tradisi harus ditiadakan pada bulan Ramadhan tahun ini. Jadi, cobalah untuk memanfaatkan waktu senggang untuk memasak resep-resep yang sudah ada ataupun penemuan resep makanan yang baru dengan kreasi sendiri.  Selain lebih hemat, memasak juga dapat menambah keseruan di rumah jika dilakukan bersama anggota keluarga lainnya.

3.    Membaca Buku

Buku memang tidak akan pernah habis dimakan zaman, dengan membaca buku pastinya kita bias mendapatkan banyak ilmu dan manfaat ataupun hiburan. Kita bias menghabiskan wantu ngabuburit dengan membaca komik, novel ataupun buku pengetahuan agama Islam untuk menambah ilmu agama kita di Bulan Ramadhan ini. Membaca buku merupakan kegiatan yang mudah dan dapat dilakukan dari setiap sudut rumah sekalipun.

4.    Olahraga Ringan

Berolahraga ringan bisa menjadi slaah satu pilihan ngabuburit yang mengasyikkan. Waktu satu jam sebelum berbuka puasa dianggap tepat karena suasananya tidak terlalu panas. Kita bisa melakukan jogging ringan atau streatching di rumah saja.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini