Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bukittinggi > Kilas Peristiwa
Tips Work From Home sesuai Target
Corina Nafia
Selasa, 05 Mei 2020   |   522 kali

Belakangan ini, istilah Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah menjadi kian populer sejalan dengan arahan dari Pemerintah untuk melakukan physical distancing demi melandaikan kurva penyebaran Covid-19 di Indonesia. WFH memang menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Meski WFH, kita tetap harus memiliki target dan produktif. WFH bukanlah hal yang menjadi alasan untuk menurunkan produktivitas kita.

Bagaimana caraya ? Berikut adalah Lima Tips Work From Home (WFH) yang Efektif :

1. Mulai hari dengan benar

Hal ini termasuk mandi dan menggunakan baju kerja, walaupun tidak ada yang akan melihat. Kitaa juga bisa berjalan mengitari rumah untuk membuat seakan-akan pergi bekerja.  Jangan lupa untuk memulai hari dengan sarapan yang bergizi dan memastikan minum air putih yang cukup.

2. Pilih tempat tetap yang bisa membantu fokus bekerja

Cobalah bekerja di tempat yang sama setiap hari, misalnya di ruang belajar, dengan meja dan lingkungan yang mendukung pikiran Kita untuk bekerja dengan efektif. Tak kalah penting juga untuk memilih tempat yang paling nyaman dan jauh dari gangguan seperti suara TV, ruang main anak dan tumpukan barang yang berantakan.

3. Atur jadwal kerja yang konsisten dan terstruktur dengan rapi

Pastikan memiliki jam kerja yang konsisten dan teratur sehingga dapat membantu dalam mengatasi permasalahan susah untuk mulai bekerja atau susah untuk berhenti bekerja, serta membantu pikiran untuk lebih mudah berpindah antara ‘mode kerja’ dan ‘mode santai’.

4. Manfaatkan teknologi

Dalam era digital sekarang ini, banyak teknologi komunikasi yang dapat kita pakai untuk menjalin komunikasi dengan rekan kerja. Memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya terutama teknologi video conference yang mampu membantu kita dalam melakukan interaksi dengan orang lain. Salah satu cara untuk memaksimalkan interaksi adalah dengan mengadakan pertemuan secara online dimana setiap orang menyalakan kamera mereka, sehingga setiap orang bisa melihat wajah dan ekspresi masing-masing peserta. Ini akan membantu meningkatkan hubungan emosional kita dengan orang lain.

5. Tetap menjaga kesehatan

Jangan lupa jaga kesehatan dengan makan tepat waktu dengan gizi yang seimbang, minum air putih yang cukup dan jaga kebersihan. Selanjutnya Jika Kita sudah merasa lelah dan tidak bisa fokus, berhentilah sejenak.

Selanjutnya, bagi yang tidak Work From Home (WFH) untuk juga selalu menjaga kesehatan. Konsumsi makanan bergizi, tambahkan vitamin bila perlu, istirahat yang cukup, ceksuhu dan kesehatan tubuh setiap hari, serta ikuti arahan dan prosedur dari kantor masing-masing dan pemerintah. (cnn/crn)

 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini