Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kenalkan Layanan Lelang kepada Pelaku UMKM, KPKNL Bukittinggi Selenggarakan Gebyar Lelang Produk UMKM
Mochammad Teguh Ariyanto
Senin, 28 Maret 2022   |   158 kali

Kamis (24/3), dalam rangka peringatan 114 tahun Lelang Indonesia sekaligus dukungan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengahh (UMKM) yang merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementerian Keuangan, menyelenggarakan Gebyar Lelang Produk UMKM. Sesuai dengan namanya, kegiatan utama dari perayaan tersebut ialah pelelangan terhadap produk-produk UMKM secara Nasional melalui Kantor Pelayanan Kekayan Negara dan Lelang (KPKNL) selaku Unit Vertikal DJKN, termasuk diantaranya KPKNL Bukittinggi.

Bertempat di Aula Singgalang Gedung KPKNL Bukittinggi, Jl. M. Yamin Nomor 60 Kota Bukittinggi, kegiatan dihadiri oleh perwakilan instansi Pemerintah, kampus, serta pihak perbankan di wilayah kota Bukittinggi. Kepala KPKNL Bukittinggi, Hermawan Sukmajati, membuka kegiatan dengan pemberian sambutan yang kemudian disusul dengan pemaparan mengenai layanan lelang oleh Pejabat Fungsional Pelelang Muda KPKNL Bukittinggi, Chrisnandar. Dalam kegiatan Gebyar Lelang tersebut KPKNL Bukittinggi melaksanakan lelang terhadap lebih dari 50 (lima puluh) lot produk UMKM yang terdiri dari beragam jenis, diantaranya kerajinan perak dan songket Pandai Sikek yang merupakan identitas budaya dan karya ranah Minang, serta beragam karya yang unik meliputi kerajinan manik-manik berupa tas, kerajinan tenun berupa dompet dan hiasan dinding, hingga beragam jenis pohon bonsai. Dari pelaksanaan lelang produk UMKM yang dimpin oleh Hermansyah selaku Pejabat Fungsional Pelelang Muda KPKNL Bukittinggi, sebanyak 13 (tiga belas) lot produk UMKM laku terjual dengan total hasil bersih lelang senilai 5,3 juta rupiah.

Diharapkan pelaksanaan Gebyar Lelang Produk UMKM dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk UMKM di setiap daerah yang sekaligus menjadi media promosi bagi pelaku UMKM. Selain itu adanya media penjualan lelang secara online melalui aplikasi Lelang Indonesia (lelang.go.id) diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan pelaku UMKM dalam memasarkan dan menjual produk-produknya, terlebih saat ini aplikasi Lelang Indonesia (lelang.go.id) sudah memiliki menu khusus untuk produk UMKM dengan berbagai kemudahan dan kekhususan yang dapat dimanfaatkan oleh Pelaku UMKM. (Ari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini