Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Expo 2020, KPKNL Bukittinggi Laksanakan secara Prioritas
Corina Nafia
Sabtu, 28 November 2020   |   345 kali

Bukittinggi - Lelang selama ini dirasakan masih belum menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam mengakomodir kebutuhan jual beli karena kurangnya pengetahuan tentang lelang melalui negara. Sejalan dengan misi mewujudkan lelang yang aman, transparan dan terpercaya, DJKN melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Lelang (KPKNL) Bukittinggi juga berupaya memberikan edukasi dan komunikasi kepada setiap stakeholders dan masyarakat pada umumnya melalui pengenalan lelang sebagai alternatif jual beli yang memenuhi unsur di atas.

Lelang Expo merupakan salah satu upaya untuk mengubah persepsi masyarakat tentang lelang, bahwa lelang merupakan sarana jual beli yang aman, unggul dan terpercaya. Jika market share lelang meningkat, peran lelang dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi juga akan semakin besar.

Dalam rangka memperingati 112 Tahun Lelang Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 Februari, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi sebagai salah satu unit kantor vertikal DJKN, menyelenggarakan Lelang Expo ke-III pada tahun 2020, yang seharusnya terselenggara pada 21 dan 22 Maret 2020. Namun, di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia dan untuk menghindari penyebaran yang lebih luas khususnya di Kota Bukittinggi, KPKNL Bukittinggi mengundur pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebelumnya KPKNL Bukittinggi juga telah menyelenggarakan Lelang Expo pertama pada tahun 2017 dan pada 2019 di pelataran Jam Gadang, Bukittinggi.

Dengan koordinasi intensif dan petunjuk pelaksanaan dari instansi terkait (Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi selaku Gugus Tugas Covid-19 Kota Bukittinggi, Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bukittinggi serta Kepolisian Resort Kota Bukittinggi) maka KPKNL Bukittinggi yang sebelumnya akan melaksanakan Lelang Expo kepada masyarakat luas dan terbuka untuk umum mengubah pelaksanaannya menjadi Lelang Expo Prioritas yang dilaksanakan secara semi virtual (secara online-virtual serta mengundang audiens untuk hadir secara fisik dengan jumlah yang dibatasi) pada hari Sabtu tanggal 28 November 2020 bertempat di Area Kantor KPKNL Bukittinggi dengan mengusung tema “Tetap Sehat dan Berinvestasi pada Properti Lelang di Masa Pandemi (Stay Healthy and Keep Investing wit E-auction)”.

Di tengah pandemi covid-19 dan dalam rangka wujud mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah, KPKNL Bukittinggi melalui kegiatan Lelang Expo Prioritas berharap lelang mampu bermanfaat bagi masyarakat sebagai media transaksi jual beli yang menawarkan keamanan, kenyamanan, dan kepastian.

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap perekonomian. Selain penanganan krisis kesehatan, Pemerintah juga menjalankan program PEN sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi, khususnya sektor informal atau UMKM (PP 23/2020).

Selain itu, dalam pelaksanaan edukasi dan komunikasi (edukom) semi virtual yang dikemas dalam acara bincang santai bersama Nasabah Prioritas dan Wartawan, Lelang Expo Prioritas turut serta menghadirkan booth/stand perbankan sebagai salah satu media untuk mendapatkan tambahan informasi dan penjelasan lebih rinci terkait investasi properti dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hal lainnya, kegiatan Lelang Expo 2020 juga menghadirkan acara Bincang Santai dengan Tema Investasi di Masa Pandemi dan Lelang Properti melalui lelang.go.id yang dipaparkan oleh seorang Praktisi Investasi Properti, Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH. Sebelumnya, dalam kegiatan yang sama Kepala KPKNL Bukittinggi, Hermawan Sukmajati menyampaikan laporan pelaksanaan kepada Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK), Sudarsono, dan para Kepala KPKNL yang berada di lingkungan Kanwil DJKN RSK, serta para tamu undangan yang hadir.

Berikutnya, Sudarsono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan Lelang Expo yang tetap terselenggara meski tahun ini hanya untuk kalangan terbatas. Selain itu, Sudarsono juga berharap melalui Lelang Expo sebagai salah satu langkah awal dalam membantu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya terhadap jual beli pada lelang.go.id. “Saya juga berharap dengan adanya Lelang Expo ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat terhadap lelang yang transparan dan terpercaya, dan satu hal lainnya adalah untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap penipuan berkedok lelang yang mengatasnamakan DJKN ataupun KPKNL”, tutupnya.

Dalam pembukaan dan bincang santai tersebut, tidak hanya dihadiri oleh para Kepala Cabang perbankan saja. Namun, Kepala Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bukittinggi, Kepala PT. Taspen (Persero) Bukittinggi, Kepala Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Hatta, Kepala Radio Republik Indonesia (RRI) Bukittinggi dan para awak media juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. 

Sebagai informasi bahwa KPKNL Bukittinggi juga turut menghadirkan layanan untuk berkonsultasi terhadap pelaksanaan lelang melalui lelang.go.id, serta membantu untuk memproleh akun dalam mengikuti lelang online pada lelang.go.id. Dan tentu saja, pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada, mulai dari pengecekan suhu secara berkala, wajib masuk ke area menggunakan masker dan mencuci tangan, serta tetap menjaga jarak aman. (crn)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini