Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Lelang Aset, BPKAD Kutai Timur Raup Rp1 Miliar
Danny Walprido Pardosi
Rabu, 15 Februari 2023   |   241 kali

Sangatta – Selasa (14/2) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bontang kembali melaksanakan lelang noneksekusi wajib berupa Barang Milik Daerah (BMD) pada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Lelang dilaksanakan secara online dengan mekanisme open bidding pada situs www.lelang.go.id dengan penetapan pemenang berlangsung di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kutai Timur. Secara umum, objek yang dilelang merupakan barang bergerak berupa kendaraan bermotor dan inventaris kantor yang sudah tidak dapat digunakan sesuai tugas dan fungsi dengan total 26 lot lelang, dengan rincian berupa 13 unit mobil, 12 unit sepeda motor, serta 1 (satu) paket inventaris kantor dengan kondisi rusak berat.

Pelaksanaan lelang ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi di masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta lelang hinga mencapai lebih dari 300 orang peserta dan total penawaran  seluruh lot lelang mencapai 399  penawaran, dengan 22 dari 26 objek lelang laku.

Pelaksanaan lelang dengan mekanisme open bidding, peserta lelang pada waktu pelaksanaan lelang dapat menawar beberapa kali dan dapat melihat penawaran yang dilakukan oleh peserta lain pada aplikasi lelang .go.id sehingga berdampak pada persaingan antar peserta dan membentuk harga pokok yang optimal. Hal ini juga tercermin dari total harga laku dari keseluruhan objek lelang mencapai  Rp1.110.284.000,00, dan mencatatkan kenaikan dari total harga limit sebesar 147 persen.

Dipimpin oleh Chandra Endria Cipta Prayoga, Pelelang Ahli Pertama KPKNL Bontang, pelaksanaan lelang juga dihadiri oleh Dewi Sawitri selaku Pejabat Penjual dari BPKAD Kabupaten Kutai Timur. Pelaksanaan lelang melalui mekanisme open bidding ini  disiarkan oleh BPKAD Kabupaten Kutai Timur melalui  live streaming Instagram pada akun @bpkadkutaitimur dan @asseter_kutim sehingga menambah semarak  pelaksanaan lelang tersebut dan masyarakat dapat mengikuti jalannya proses lelang melalui akun tersebut.

Pelaksanaan lelang BMD milik Pemerintah Kabupaten Kutai Timur ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergi yang telah terselenggara  secara rutin antara KPKNL Bontang dengan Pemkab Kutim dalam pengelolaan BMD yaitu meliputi pelaksanaan penilaian dan pelaksanaan lelang BMD tersebut.  

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan M.H. Thamrin Nomor 43 Bontang
(0548) 3036453
(0548) 27817
kpknlbontang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini