Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Kemenkeu Satu Biak Belanja Durian UMKM
Ari Ma'ruf Faruqi
Jum'at, 09 September 2022   |   89 kali

Biak (7/9) Kota Biak saat ini sedang diserbu buah durian. Ya, Kabupaten Biak Numfor dan sekitarnya saat ini sedang musim durian. Buah-buah durian yang masuk ke Kota Biak ini merupakan durian lokal yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Yapen (Serui). Durian Serui sudah terkenal akan kenikmatannya, rasanya manis dah aromanya begitu wangi, tidak kalah jika dibandingkan dengan durian impor.

Buah durian selain nikmat rasanya juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah durian antara lain: memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh secara instan sehingga tidak mudah capek, penangkal depresi alami, nutrisi bagi tulang dan gigi, membuat kulit lebih awet muda, membuat pencernaan lebih sehat, menstabilkan kadar gula dalam darah, dan solusi bagi anemia (kurang darah).

Selayaknya buah-buahan yang lain, buah durian juga memiliki masa simpan yang terbatas. Membanjirnya pasokan durian jika tidak diimbangi dengan meningkatnya daya beli masyarakat tentu akan membuat buah-buah durian menjadi busuk dan merugikan para penjual durian yang merupakan para pelaku UMKM. Untuk itu Kemenkeu Satu Biak, yang merupakan unit vertikal Kementerian Keuangan di Kabupaten Biak Numfor yang terdiri dari KPKNL Biak, KPPN Biak, KPPBC Tipe Madya Pabean C Biak, dan KPP Pratama Biak, berinisiatif mengadakan kegiatan "Kemenkeu Satu Belanja".

Kegiatan "Kemenkeu Satu Belanja" ini selain diharapkan mampu membantu para pelaku UMKM pedagang durian dengan membeli langsung dagangannya, juga diharapkan mampu menginisiasi masyarakat untuk membeli produk-produk UMKM khususnya para pedagang durian sehingga roda perekonomian di Kabupaten Biak Numfor dapat berputar dengan dinamis.

Selain membantu para pelaku UMKM, kegiatan "Kemenkeu Satu Belanja" juga menjadi ajang silaturahim unit-unit vertikal Kementerian Keuangan di Kabupaten Biak Numfor guna meningkatkan sinergitas, soliditas, dan intimasi Kemenkeu Satu Biak. Setelah makan durian bersama, kegiatan ini ditutup dengan pertandingan persahabatan bola voli bersama.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini