Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Tingkatkan Kompetensi, KPKNL Biak gelar One Day Learning
Rifky Setyarso
Jum'at, 28 September 2018   |   240 kali

Biak – Kamis, 13 September 2018 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Biak, mengadakan acara One Day Learning, yaitu kegiatan sharing knowledge tentang tugas dan fungsi DJKN pada umumnya, kegiatan ini diprakarsai oleh Seksi HI dan didukung oleh seluruh pegawai KPKNL Biak, pemateri dalam acara ini yaitu seluruh pegawai yang pada tahun 2018 telah melaksanakan diklat, baik diklat teknis maupun supporting unit

Acara dibuka oleh Adi Suharna selaku Kepala KPKNL Biak, beliau menyampaikan apresiasi terhadap seluruh jajarannya yang telah bekerja optimal sampai dengan saat ini, didalam sambutannya, Adi menyampaikan sedikit materi tentang klasifikasi dedikasi dalam bekerja, Adi menjelaskan bahwa ada lima tingkat dalam hal ini, pertama adalah nol level, pegawai yang datang hanya untuk absen saja, level satu pegawai yang bekerja karena ada atasan, level dua bekerja karena ada untungnya, level tiga bekerja untuk Negara, level empat bekerja untuk melakukan yang terbaik dan level lima adalah bekerja untuk ibadah, “Jadi mari kita lihat lagi, apakah cara bekerja kita sudah maksimal?” tanya Adi sembari tersenyum.

Pada sesi pertama kepala subbagian umum Junaedi menjelaskan tentang bagaimana budaya kerja di lingkungan kementerian keuangan, beliau juga mengatakan sehubungan dengan rencana KPKNL Biak mengikuti pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi  (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Sesi kedua De Grave menyampaikan materi tentang excellent frontliner, yaitu bagaimana cara memberikan pelayanan prima kepada stakeholder, baik secara visual, verbal dan vocal, semua dibahas terperinci disertai dengan contohnya.

Sesi Ketiga Gusnadi sebagai Kepala seksi PKN menjelaskan tentang pengetahuan pejabat lelang, tentang bagaimana proses bisnis lelang tersebut, pada akhir sesi presentasinya , Gusnadi juga menambahkan tentang peran pejabat lelang kedepan sebagai pejabat fungsional.

Sesi keempat diisi oleh Yudithia dan Ibung sebagai perwakilan dari seksi KI, Ibung sebagai kepala seksi KI menjelaskan tentang pemantauan pengendalian intern sesuai dengan KMK-940/2017 yang terdiri dari jenis pemantauan, waktu dan periode pemantauan, pelaporan, kertas kerja dan kewajiban diklat pagi pelaksana pemantauan, proses kerja di dalam seksi KI dikupas habis didalam seksi ini.  Nilai Prestasi Kerja (NKP) berbasi Kualitas Kontrak Kinerja (K3) juga menjadi bahan diskusi dalam sesi ini.

Disela-sela kegiatan One Day Learning, Kanwil DJKN Papabaruku mengadakan video conference tentang PMK 93/PMK.01/2018 , vicon dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Umum Kanwil DJKN Papabaruku , Anggun Prihatmono dan Kepala Seksi Kepegawaian Novie Rarung, “Terjadi perubahan terkait izin, cuti dan fleksi time, jadi life and work balance lebih seimbang”, jelas Anggun.

Sesi Kelima dibawakan oleh Aisyah Freshawinda sebagai perwakilan Seksi PN, dalam kesempatan kali ini Aisyah menjelaskan materi tentang Pengelolaan Piutang Negara dan Daerah yang terdiri dari peristiwa timbulnya piutang, piutang berdasarkan pungutan, piutang berdasarkan perikatan, piutang karena TGR/TP, penyisihan piutang, pengungkapan dan pemberhentian piutang. “Jadi kedepan peran KPKNL semakin bertambah dengan menjadi pengelola Piutang Negara, bukan hanya Pengurusan Piutang Negara saja”, jelas Ais.

Asmatriadi Anwar, pelaksana Seksi PKN KPKNL Biak menjadi pemateri pada sesi keenam, Asmat memaparkan tugas dan fungsi seksi PKN terkait dengan pengelolaan BMN.

Perwakilan seksi HI , Ardiansyah , menjadi pemateri selanjutnya dengan judul Pengetahuan TIK Dasar, pria yang akrab dipanggil Aong ini menjelaskan struktur komputer yang terdiri dari brainware, software dan hardware. “Hardware terdiri dari input dan output, contoh input yaitu keyboard dan mouse,sedangkan output adalah layar monitor dan printer”, jelasnya singkat.

E-auction menjadi topik yang dibahas selanjutnya, Ahmad Afan Hakim selaku Kepala Seksi Lelang menyampaikan bagaimana cara menjadi peserta e-auction mulai dari tahap pendaftaran user sampai dengan mengikuti lelang secara online melalui www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

Pada sesi selanjutnya, Muhamad Christian selaku Kepala Seksi Penilaian memberikan knowledge sharing dengan tema Real Estate Business, tentang bagaimana menentukan potensi keuntungan tertinggi dalam sebuah property.

Salah satu perwakilan DJKN Muda dari KPKNL Biak, yaitu Fachreisha, juga turut menyumbang materi tentang John Robert Powers, salah satu motivator kondang, di dalam materinya dijelaskan tentang pentingnya penampilan untuk membangun kesan yang positif, “Penampilan prima merupakan kunci pembuka dari keberhasilan”, tambah Echa. Disela –sela pergantian pemateri ,KPKNL Biak memberikan penghargaan pegawai teladan 2017 kepada Rifky Setyarso ,pelaksana seksi HI KPKNL Biak, pada sambutannya Adi Suharna mengucapkan apresiasi kepada Rifky atas prestasi yang dicapai.

Sebagai penutup, Pelaksana seksi Penilaian Nur Ananta mempresentasikan materi tentang salah satu metode yang digunakan dalam penilaian yaitu metode Market Data Approach atau metode pendekatan data pasar, dalam sesi ini dijelaskan bagaimana awal proses mulai dari pengumpulan data, penyesuaian data dan quality rating, “quality rating adalah penentuan persentase objek pembanding berdasarkan tingkat kemiripan dengan objek penilaian”, jelas Nanta.

Di akhir acara Adi Suharna memberikan applause kepada seluruh pegawai yang telah berkontribusi dalam acara One Day Learning, “ Kita sudah berusaha, belum tentu kita tidak dapat apa-apa, sedangkan kalu kita tidak berusaha, sudah pasti  kita tidak dapat apa-apa”, tambah Adi. “Semoga dilain waktu kita dapat saling sharing lagi , terutama berkaitan dengan teknis di setiap seksi”, pinta Adi. teks/foto : rs

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Majapahit No. 1, Kel. Karang Mulia, Distrik Samofa, Kab. Biak Numfor, Prop. Papua
(0981) 26111
(0981) 26466
kpknlbiak@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini