Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Lokakarya Peningkatan Soft Competency KPKNL Biak
Ardiansyah Noor Ilham
Jum'at, 03 Agustus 2018   |   240 kali

Kamis, 2 Agustus 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Biak melaksanakan kegiatan In House Training (IHT)  yang diadakan oleh Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (PPSDM), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Kegiatan tersebut diselenggarakan di dua tempat, yakni di Area Wisata Pantai Water Basis TNI AL dan Aula KPKNL Biak.

Acara dibuka oleh Adi Suharna, Kepala KPKNL Biak pada pukul 09.00 WIT di Water Basis TNI AL. Adi mengatakan mendukung acara tersebut dan menekankan bahwa IHT tersebut berguna untuk menunjang soft competency pegawai KPKNL Biak dalam melaksanakan tugas dan fungsi DJKN sebagai pengelola aset negara.

Selanjutnya, Khalimi serta Kusnan, trainer dan asisten trainer dari PPSDM, sebagai narasumber, membawakan materi dengan mengusung tiga games menarik yang membutuhkan sinergi, teamwork, dan komunikasi. Peserta kegiatan IHT berjumlah 24 orang, termasuk pegawai honorer, dibagi menjadi tiga kelompok yang diberi nama Mambri, Moni-moni, dan KB.

Games tersebut diantaranya, debrief balloon, yaitu peserta berbaris dengan membawa tiga balon, dua balon dikempit pada ketiak mereka, satu balon dihimpit perut dengan punggung peserta depannya. Peserta paling depan membawa kelereng yang diletakan di sendok yang digigit. Games kedua adalah memecahkan misteri, yaitu peserta mencari cara bagaimana memindahkan tiga kanibal dan tiga manusia yang diperankan oleh peserta dengan ketentuan berlaku. Games kedua adalah debrief air, peserta memindahkan air dari ember satu ke ember lain dengan spons lalu dimasukan ke plastic dan dilemparkan ke teman satu kelompok. Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, kelompok Mambri lah yang dinyatakan sebagai pemenang karena memperoleh poin tertinggi dan sinergi yang baik.

Selanjutnya, Acara dilaksanakan di Aula KPKNL Biak setelah makan siang. Acara masih dibawakan oleh Khalimi, dengan mengusung materi berupa makna dari ­games-games yang dilakukan sebelumnya, diantaranya teamwork, komunikasi, semangat pantang menyerah, kemampuan memecahkan masalah, dan sinergi. Khalimi juga menekankan agar pegawai KPKNL Biak menambah rasa cinta dan rasa memiliki pada DJKN sebagai emblem dan keluarga kedua mereka.

“Salah satu komunikasi yang baik adalah bagaimana menempatkan diri menjadi diri yang mampu mendengar yang baik,” ujar Khalimi. “Hal yang harus dihindari dalam berkomunikasi yang baik adalah memotong pembicaraan lawan bicara,” lanjut Khalimi. Menurutnya komunikasi salah satu hal yang penting dalam beradaptasi pada lingkungan sekitar.

Selanjutnya, setelah acara IHT, Suwadi Tristiyawan, Kasubbag Manajemen Kinerja dan Mutasi Kepegawaian membawakan materi mengenai kesekretariatan DJKN. “KPKNL merupakan kantor pelayanan, saya harap agar tiap pegawai memaksimalkan kedisiplinan mulai dari hal kecil,” ujarnya. Menurutnya, kedisiplinan merupakan faktor yang sangat penting untuk menjaga citra KPKNL Biak sebagai kantor pelayanan.

Lebih lanjut, Suwadi juga memaparkan mengenai IKU Hardcompetency KPKNL Biak pada semester I tahun 2018 yang telah mencapai 66%, perubahan zona mutasi, dan berbagai hal yang menyangkut kepegawaian.

Pada akhir acara ditutup dengan sesi foto bersama. (text: Ardiansyah/Gambar: Kusnan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini