Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Artikel
Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Seru dan Menyenangkan
Ashar Hamka
Kamis, 31 Maret 2022   |   288 kali

Bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang diseluruh dunia. Setiap hari, jutaan orang menggunakan bahasa inggris di tempat kerja maupun di kehidupan sosial. Ketika kepala negara saling bertemu dalam konferensi tingkat dunia, bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling sering digunakan. Begitu pula saat orang-orang dari bangsa yang berbeda saling bertemu, bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa penghubung yang digunakan oleh mereka.

Menurut riset, kemampuan bahasa Inggris memiliki kaitan erat dengan kemajuan suatu negara. Kultur dalam satu negara juga dapat berubah seiring dengan keterbukaan mereka terhadap informasi, yang didapatkan dengan inisiatif para warga-nya untuk mendapatkan sumber berita yang kredibel, pengetahuan yang tidak mengenal batas hingga kecenderungan untuk membagikan topik-topik yang bersifat krusial.

Tidak berhenti sampai di sana, kaitan ini bahkan berpengaruh pada kondisi ekonomi dan jumlah pendapatan. Menurut data bank dunia pada tahun 2017, pendapatan bersih per kapita memiliki kesinambungan dengan kemampuan bahasa Inggris suatu negara. Semakin baik kemampuannya, semakin tinggi pula pendapatan yang didapatkan. Pendapatan per kapita di Indonesia berada di peringkat sangat rendah walau kemampuan bahasa Inggris-nya berada satu level di atasnya. Tingginya angka populasi di Indonesia juga menyumbang peran dalam rata-rata keseluruhan.

PNB per kapita dan penetrasi internet di Indonesia memiliki angka di bawah rata-rata global. Hal ini menyiratkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam peningkatan kualitas bahasa Inggris sumber daya manusianya. Pendekatan yang masif dan pembangunan kesadaran akan peran bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia merupakan hal yang dibutuhkan sebagai usaha untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Hal ini membuat penguasaan bahasa inggris menjadi salah satu hal yang tidak terelakkan untuk bangsa Indonesia, khususnya generasi millenial, dimana segala hal yang vital seperti karir dan pendidikan dapat diakses melalui internet dan kebanyakan menggunakan bahasa inggris. Keterampilan bahasa inggris yang baik dapat meningkatkan peluang untuk melanjutkan pendidikan yang nantinya akan berbuah baik pada kesempatan karir di masa depan.

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Perlu disadari bahwa menguasai bahasa inggris bukan lagi menjadi satu kewajiban untuk melalui sebuah tes atau mendapat peringkat yang bagus di sekolah, melainkan sebagai kebutuhan untuk bertahan menghadapi arus globalisasi yang kian menantang, terkadang informasi yang kita butuhkan untuk menyelesaikan sebuah masalah tidak terdapat dalam kitab/jurnal berbahasa Indonesia, begitupun dalam hal yang tidak bersifat urgent seperti hiburan, mungkin hiburan atau wahana yang kita nikmati hanya tersedia dalam bahasa inggris, kemampuan bahasa inggris menjadi penting dalam membuka cakrawala kita lebih luas dan menyelesaikan hal tersebut.

Penting bagi kita untuk menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa yang kita butuhkan, agar segala proses dalam mempelajarinya tidak terasa berat dan membosankan, melainkan langkah-langkah yang harus dilalui untuk menjadi individu yang memiliki cakrawala lebih luas dan terbuka dengan kesempatan di masa depan.

Beberapa metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris adalah sebagai berikut:

1.     Mencari partner/rekan berbahasa Inggris

Bahasa adalah alat komunikasi pertama, karena itu teman/partner untuk saling berkomunikasi dalam bahasa Inggris sangatlah penting.

Cari atau buatlah lingkungan yang mendorong kita untuk berekspresi dalam bahasa inggris, baik dengan native speaker maupun dengan rekan sejawat yang memiliki kemauan yang sama dalam menguasai bahasa Inggris.

2.     Membiasakan diri dengan konten berbahasa Inggris

Bahasa bukanlah sesuatu yang dibentuk secara instan, melainkan tercipta secara perlahan dengan memperhatikan budaya suatu komunitas yang mempraktekannya, karena itu, membiasakan diri dengan konten berbahasa inggris baik digital dan nondigital sangat membantu kita untuk mempelajari budaya dan idiom yang digunakan dalam bahasa inggris.

Di era modern ini, konten berbahasa Inggris dapat diperoleh secara digital diberbagai media seperti Youtube, media sosial, kanal berita, musik, film, artikel, dst.

3.     Cobalah membuat konten berbahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris ada empat keterampilan dasar yang penting untuk dikuasai, yaitu reading (membaca), writing (menulis), listening (mendengarkan), dan speaking (berbicara). Keempat keterampilan ini terbagi lagi menjadi dua kategori yaitu keterampilan pasif (reading dan listening), dan keterampilan aktif (writing dan speaking).

Pada poin nomor 2, kita membiasakan diri dengan konten berbahasa inggris untuk mengasah keterampilan pasif, selanjutnya yang perlu diasah adalah keterampilan aktif kita. Cobalah membuat konten dalam format apapun dalam bahasa Inggris, baik itu berupa opini, ekspresi singkat, atau mungkin video kita menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris. Segala proses itu berperan penting untuk meningkatkan kemampuan kita berbahasa Inggris dan tentunya bisa kita lakukan dengan seru dan tidak membosankan.

 

4.     Mengajar adalah belajar dua kali

Metode ini ditekankan sebagai salah satu metode yang paling banyak manfaatnya dalam menguasai bahasa Inggris, karena saat mengajar, kita harus menjadi ahli terlebih dahulu. Mengajar memperkuat pemahaman dan ingatan kita terhadap suatu ilmu.

“To teach is to learn twice over.”– Joseph Joubert

(Mengajar adalah belajar (dengan efek) dua kali lipat).

Materi Bahasa Inggris yang Paling Sering Digunakan

            Sebagai pemula, permasalahan yang sering dihadapi adalah materi/teori bahasa Inggris mana yang dipelajari terlebih dahulu, berikut telah dirangkum materi bahasa inggris yang perlu dipelajari berdasarkan tingkat frekuensi penggunaannya oleh native speaker secara umum.

No.

Teori/Materi Bahasa Inggris

1.

Verbs (kata kerja)

Pahami v1, v2, v3 dan penggunaannya berdasarkan keterangan waktu dalam kalimat

2.

Auxillaries (will, to be, shall, would, should, must, have, do)

Pahami penggunaannya dalam kalimat berdasarkan keterangan waktu

3.

Jenis Kalimat

·        Positive sentence (kalimat pernyataan/afirmasi)

·        Negative sentence (kalimat negatif)

·        Interrogative sentence (kalimat tanya)

·        Imperative sentence (kalimat perintah/larangan)

4.

Tenses (berdasarkan waktu)

Tenses yang dirangkum diurutkan berdasarkan tingkat frekuensi penggunannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

1.     Simple past

2.     Present Perfect

3.     Present Continuous

4.     Simple Future

5.     Simple Present

6.     Past Continuous

7.     Past Perfect

 

 

            Cara mempelajari bahasa Inggris di atas merupakan kumpulan tips yang secara singkat dirangkum oleh penulis untuk membantu mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang seru dan tidak membosankan. Adapun jika terdapat cara lainnya yang lebih cocok atau lebih baik merupakan referensi dan kembali pada selera tiap orang.

Penulis : Daud Fathul Kautsar (Pelaksana Seksi Hukum dan Informasi)

Mewakili Keluarga Besar KPKNL Biak

 

Referensi Tulisan :

1.      https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/pentingnya-belajar-bahasa-inggris-untuk-masa-depan/

2.      https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/4-aspek-dalam-bahasa-inggris-mana-yang-harus-dipelajari-lebih-dulu/

3.      https://gradecam.com/2018/07/30-inspirational-quotes-for-teachers/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini