Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kenalkan lelang.go.id di Panen Hadiah BRI
Budi Prasetyo
Rabu, 20 Maret 2019   |   519 kali

Bengkulu – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu menjadi pengisi acara dalam gelaran Undian Panen Hadiah Simpedes BRI di Bengkulu. Dengan penuh semangat, Kepala KPKNL Bengkulu Sri Yuwono Hari Sarjito beserta jajaran memaparkan potensi lelang e-auction melalui situs www.lelang.go.id, Bencoolen Indah Mall (BIM), Bengkulu, Selasa petang (19/3).

Hari mengungkapkan bahwa KPKNL Bengkulu merupakan unit kantor vertikal di bawah Kementerian Keuangan cq. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang salah satu tugas dan fungsinya di bidang pelayanan lelang. “Silahkan kunjungi www.lelang.go.id, disitu terdapat informasi baik ketentuan mengikuti lelang maupun objek barangnya, termasuk objek lelang BRI Bengkulu. Bisa diunduh aplikasinya di play store”, ujarnya.

Hari menambahkan bahwa DJKN terus berusaha membangun pelayanan lelang yang MANTUL (aman, tepercaya, dan unggul). Penerapan lelang tanpa kehadiran peserta lelang melalui aplikasi e-auction dimulai tahun 2014. Menjawab tantangan perkembangan zaman, DJKN kembali berinovasi dengan launching portal Lelang Indonesia lelang.go.id pada akhir tahun 2018. “Kenapa harus ikut lelang di lelang.go.id? Karena banyak pilihan barang, mudah, user-friendly, dan praktis”, terangnya.

Secara interaktif, Pejabat Lelang KPKNL Bengkulu Devi Afriyanti bersama dua pelaksana KPKNL Bengkulu Fika Inkasari dan A. Syekhuddin memaparkan terkait apa itu lelang, mengapa harus melalui lelang, keunggulan dan cara mengikuti e-auction. “Lelang itu aman, karena dipimpin langsung oleh Pejabat Lelang yang independen. Selain itu, transparan karena wajib didahului dengan pengumuman lelang. Dan, kepastian hukum melalui risalah lelang yang secara hukum dapat digunakan untuk balik nama”, terangnya.

Pemutaran video tentang perjalanan pengelolaan lelang dari tahun 1908 s.d. 2019 menjadi penutup sosialisasi KPKNL Bengkulu. Dalam video tersebut, pengunjung BIM dapat melihat infografis pokok lelang, bea lelang, frekuensi lelang yang menunjukkan kenaikan dari tahun ke tahun. Hal tersebut menunjukkan trend positif bahwa lelang semakin diminati masyarakat. Bagi dunia perbankan atau perkreditan, lelang menjadi sarana untuk menurunkan tingkat non performing loan (NPL). Dan, lelang menyediakan komoditi barang yang dibutuhkan masyarakat atau sebaliknya masyarakat dapat menggunakan lelang.go.id untuk memasarkan barang, sehingga lelang mampu mendorong perekonomian masyarakat.

Seusai pemaparan dari KPKNL Bengkulu, tiba waktunya acara puncak yakni pengundian hadiah grand prize Panen Hadiah Simpedes BRI Bengkulu periode 1 September 2018 s.d. 28 Februari 2019. Kepala KPKNL Bengkulu bersama Kepala Cabang BRI Bengkulu Ismet Sarmen ditunjuk untuk turut serta mendampingi salah seorang pengunjung menekan tombol undian guna menentukan pemenang grand prize satu unit mobil Mitsubishi Expander tipe GLX 1.5 L MT. Sebelumnya, Pejabat Lelang KPKNL Bengkulu Devi Afriyanti didapuk untuk menekan tombol undian untuk pemenang motor Honda New CBR 150 R Racing. (DJKN/buprast)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini