Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bengkulu > Artikel
Bunga Rafflesia arnoldii, Bunga Langka Sebagai Salah Satu Ikon Bengkulu
Lailatul Laraswati Mukharromah
Jum'at, 21 Juli 2023   |   46918 kali

Mendengar berita Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, melakukan kunjungan kerja di Provinsi Bengkulu selama 3 hari dari 19-21 Juli 2023 dan menyempatkan diri untuk melihat salah satu bunga langka ikon Bengkulu yakni Bunga Rafflesia arnoldii yang sedang mekar di daerah hutan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu (20/07/2023) menjadi informasi menarik untuk kami mendatangi lokasi tersebut.

Pada hari Jumat (21/07/2023) kami meluncur ke lokasi dimana Bunga Rafflesia arnoldii sedang mekar. Setelah menempuh perjalanan selama 90 menit dan melewati jalan setapak sejauh 100 meter, akhirnya kami sampai di tempat Bunga Rafflesia arnoldii sedang mekar sempurna, tepatnya di Regional 5 Bukit Daun, daerah Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Bunga Rafflesia arnoldii (Rafflesia) adalah flora yang berbeda dengan bunga bangkai (Amorphophallus). Banyak orang sering salah paham terkait kedua bunga endemik di Bengkulu ini. Seringkali mereka mengira bahwa bunga rafflesia adalah bunga bangkai. Salah satu perbedaan yang menonjol sesuai dengan informasi dari petugas KPHL unit III Bukit Daun, Bapak Kholidin, yang memiliki kerja meliputi wilayah kawasan hutan lindung di 5 Kabupaten Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Tengah, Rafflesia arnoldii merupakan golongan tumbuhan parasit dari marga Rafflesiaceae. Tumbuhan ini hidup menyerap nutrisi tanaman induk atau inangnya, yakni Tetrastigma, sejenis tumbuhan pemanjat dari keluarga anggur-angguran. Sedangkan Amorphophallus atau bunga bangkai berasal dari keluarga talas-talasan. Menurut beliau, meskipun sama-sama mengeluarkan bau bangkai, bunga rafflesia adalah parasit yang hanya bisa hidup bergantung dari pohon inangnya. Sementara itu, bunga bangkai memiliki umbi, batang, hingga akar sendiri sehingga bisa mencari makan sendiri.

Kesempatan melihat Bunga Rafflesia arnoldii yang sedang mekar sempurna merupakan salah satu keberuntungan kami sebab tidak setiap saat bunga tersebut dapat mekar. Kemampuan mekarnya Bunga Rafflesia arnoldii kurang lebih hanya dalam waktu 5-6 hari hingga setelahnya layu dan mati.

 

 

Penulis: Dalfin Ponco Nugroho (Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Bengkulu)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini