Knowledge sharing (berbagi pengetahuan) adalah metode
atau kegiatan dalam manajemen pengetahuan yang digunakan untuk memberikan dan
menyebarkan pengetahuan, ide, pengalaman, atau skill dari seseorang,
departemen, organisasi, instansi, atau perusahaan untuk menciptakan dasar
kebutuhan untuk kerja sama. Knowledge sharing merupakan bagian dari knowledge
management agar bisa menciptakan ide-ide serta inovasi yang akan berkontribusi
keberlangsungan suatu organisasi.
Knowledge sharing terdiri dari pemahaman yang
disebarkan yang berhubungan dengan mengadakan akses pekerja dengan informasi
yang relevan dan membangun menggunakan jaringan knowledge melalui organisasi.
Knowledge sharing dapat tumbuh dan berkembang apabila menemukan kondisi yang
sesuai yang ditentukan oleh tiga faktor kunci yaitu orang, organisasi, dan
teknologi. Knowledge sharing hanya dapat dilakukan bilamana setiap anggota
memiliki kesempatan yang luas dalam menyampaikan pendapat, ide, kritikan, dan
komentarnya kepada anggota lainnya.
Dalam upaya terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada
stakeholder, KPKNL Batam melaksanakan knowledge sharing dengan tema “Pelayanan
Publik Yang Prima” , acara dibuka oleh Kepala Subbagian Umum, dilanjutkan
dengan presentasi dari David Pandapotan Pelaksaan Subbagian Umum mengenai
pelayanan publik.
Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan
dalam rangka pemenuhankebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan
perundang-undangn bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa,
dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan
publik. Knowledge Sharing ini diadakan melalui media Zoom Meeting sehingga
seluruh pegawai yang sedang WFO maupun WFH dapat mengikuti, acara diakhiri
dengan tanya jawab antar pegawai.
Kedepan kegiatan ini
akan rutin dilaksanakan setiap hari Selasa dalam bentuk presentasi , tanya
jawab dan diskusi, Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperbaharui
pengetahuan segenap pegawai di KPKNL batam agar senantiasa dapat memberikan
pelayanan yang maksimal.