KPKNL Batam
Berita DJKN

In House Training KPKNL Batam, Sinergi tanpa Henti

Selasa, 10 April 2018   |   314 kali

Batam - Selasa (3/4/2018) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam menyelengarakan kegiatan In House Training (IHT) yang dikemas dalam bentuk kegiatan lokakarya peningkatan Soft Competency pegawai DJKN.

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN kali ini mengambil tema “Nilai Untuk Negeri, Revaluasi BMN 2018 Tuntas!”. Hadir sebagai motivator dalam kegiatan IHT kali ini salah seorang Widyaiswara Madya Pusdiklat Pengembangan SDM Kementerian Keuangan Ita hartati dan asisten dari Pusdiklat Pengembangan SDM, Mardhotillah.

Pembukaan Kegiatan IHT dilaksanakan di lapangan KPKNL Batam, dalam sambutannya Kepala KPKNL Batam, Rocky Sandhora menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas dan fungsi DJKN sebagai kantor pelayanan KPKNL batam, memerlukan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kompetensi teknis  Hard Competency terkait tugas dan fungsi unit kerja dengan baik tetapi juga diharapkan memiliki attitude, etos kerja, perilaku, motivasi dan komunikasi motivasi dan perilaku yang baik atau Soft Competency, agar dapat mendukung pelaksanaan tugas dengan baik.

Peningkatan  Soft Competencydiharapkan dapat mendukung implementasi Hard Competency yang telah ditempa oleh pelaksanaan tugas sehari-hari. Untuk itu, kepada seluruh pegawai KPKNL Batam diharapkan dapat mengikuti kegiatan IHT ini dengan baik karena kegiatan ini bukan hanya kewajiban setiap peagawai DJKN, tetapi lebih daripada itu merupakan hak setiap pegawai untuk mendapatkannya.

Kegiatan outdoor  dilaksanakan dalam beberapa bentuk permainan kelompok diantaranya  permainan adu strategi yang memicu setiap tim untuk menuangkan ide dalam kelompok, permainan adu kecepatan dan ketangkasan melalui media balon dan kelereng untuk menguji kekompakan dan kerjasama tim. Hal ini sangat bermanfaat bagi semua peagawi KPKNL Batam sebagai sarana hiburan dan peningkatan keakraban antara sesama pegawai ditengah padatnya tanggungjawab pekerjaan di kantor.

Untuk kegiatan indoor  dilakukan di Aula KPKNL BAtam, diisi dengan penyampaian materi tentang hal-hal yang mendasari dalam berkomunikasi. Penyampaian materi oleh Ita Hartati yang diselingi dengan permainan menarik dan menghibur. Dalam setaip materi permainan,  Ita Hartati mengajak kepada semua peserta IHT untuk mengambil konklusi dan pelajaran dari permainan tersebut agar peserta dapat memahami maksud dan tujuan dari permainan. Selain itu, Ita Hartati menjelaskan tentang komunikasi efektif, bahwa komunikasi yang efektif dapat terjadi jika informasi yang disampaikan jelas dan akurat selain itu dua belah pihak memiliki sikap saling menghormati dan siap menerima setiap informasi yang disampaikan dengan baik.

Pada sesi penutup, pemateri menyampaikan bahwa kegiatan IHT ini dapat diresapi dan dirasakan manfaatnya oleh semua pegawai KPKNL Batam maupun seluruh stakeholder. Terkait dengan program besar DJKN yaitu Revaluasi BMN 2018, diharapkan kegiatan ini semakin memberi semangat dan motivasi, meningkatkan kemampuan kerjasama serta komunikasi  bagi pegawai sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektifitas penyelesaian tugas-tugas revaluasi BMN.

Rocky Sandhora dalam penutupannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemateri dan fasilitator IHT  yang telah berbagi ilmu kepada semua pegawai KPKNL Batam. “Dari IHT banyak sekali yang bisa diambil ilmunya yaitu kita belajar berkomunikasi dengan baik, saling menghargai satu sama lain karena potensi setiap orang berbeda-beda, ketika menghadapi masalah jangan merasa masalah kita paling berat dibanding yang lain, semua ada porsinya dan dibutuhkan komunikasi yang baik  dalam penyelesaiannya agar masalah yang timbul dapat diselesaikan dengan baik.  Untuk semua pegawai jaga integritas agar kita bisa melayani optimal.”tutup Rocky.

(narasi +foto : buby, editor : dedy chris)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PEKAN LELANG 110 TAHUN
Senin, 26 Februari 2018
Kontak
Jl. Engku Putri (depan Gedung Pusat Informasi Haji) Batam Center - Batam 29444
(0778) 469824 - 469825
(0778) 469810
kpknlbatam@kemenkeu.go.id