KPKNL Batam
Berita DJKN

KPKNL Batam sukses menyelenggarakan kegiatan pekan lelang

Rabu, 07 Maret 2018   |   401 kali

Batam - Perhelatan pekan lelang dalam rangka memperingati 110 Tahun Lelang Indonesia KPKNL Batam dari 26 Februari sampai dengan 2 Maret 2018 dengan resmi ditutup.

Kepala KPKNL Batam, Rocky Sandhora menyatakan, pekan lelang ini merupakan kegiatan untuk memperingati 110 Tahun Lelang Indonesia yang telah diadakan selama sepekan di seluruh wilayah indonesia salah satunya di KPKNL Batam.

Dalam sepekan kegiatan 110 Tahun Lelang Indonesia ini KPKNL Batam telah menyelenggarakan beberapa kegiatan yang  sangat menarik antara lain kegiatan sosialisasi dan edukasi lelang kepada masyarakat kota Batam dengan pembagian informasi lelang dan pengenalan E-auction pada acara Car FreeDay, pelaksanaan lelang ESDM yang terjual naik sebesar 238% dari nilai limit Rp739 juta laku senilai Rp2,5 miliar, pelaksanaan lelang eksekusi barang rampasan Kejaksaan Negeri Batam dan lelang kapal sitaan Kanwil Bea Cukai Kepulauan Riau, lelang hak tanggungan Bank Mandiri, dan lelang sukarela yang permohonannya dari masyarakat Batam sertabazar propertiperbankan yang diikuti oleh beberapa bank di Kota Batam.

“Berbagai kegiatan tersebut memiliki tujuan utama yaitu untuk memasyarakatkan lelang dan mengedukasi masyarakat, selain itu untuk terus mengubah mindset masyarakat terhadap lelang sebagai salah satu instrumen jual beli yang positif, karena selama ini opini di masyarakat bahwa lelang tersebut sarat dengan masalah, barang rongsokan, dan opini-opini negatif lainnya,” papar Rocky.

Selain itu pula Rocky sempat meluruskan berita hoax yang sempat beredar di media sosial bahwa negara sedang kekurangan dana karena para pejabat negara beramai-ramai melelang aset pribadi melalui DJKN di Jakarta, “berita itu tidak benar karena hasil lelang tersebut murni akan digunakan untuk kegiatan sosial bukan untuk menambah APBN” ujarnya.

Bazar properti lelang yang diikuti oleh beberapa bank selama sepekan dengan mendirikan stand di halaman depan KPKNL Batam, berhasil mengundang masyarakat untuk hadir, selain itu untuk memperkenalkan proses jual beli lelang diadakan pula kegiatan simulasi lelang konvensional dihadapan para pengunjung pekan lelang.

Pada acara penutupan pekan lelang (2/3) yang dilaksanakan di ruang utama KPKNL Batam dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada stakeholder yang telah ikut berpartisipasi dalam pekan lelang dengan mendirikan stand pameran yaitu Bank BTN AMD Kantor Cabang Batam, Bank Syariah Mandiri Batam, Bank Mandiri SME & MC & Recovery Medan, Bank BPR Dana Nusantara Batam Nagoya, PT Pegadaian (Persero) Area Batam, Bank BPR Sejahtera Kantor Pusat Jodoh, dan Bank BRI Cabang Batam Nagoya. Disamping itu, pada acara puncak pekan lelang ini diberikan pula penghargaan atas beberapa kategori, diantaranya, kategori pemohon lelang dengan hasil lelang terbesar yang diberikan kepada Pusat Pengelolaan BMN Kementerian ESDM, kategori satuan kerja dengan frekuensi lelang terbanyak yang diberikan kepada Kejaksaan Negeri Batam dan kategori pegadaian penyumbang bea lelang terbesar yang diberikan kepada Pegadaian Kantor Cabang Batam Nagoya.

Rocky Sandhora selaku Kepala KPKNL Batam menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi dan ikut serta dalam menyukseskan acara pekan lelang tahun ini. "Semoga kedepan kerjasama yang terjalin akan bisa meningkatkan kinerja bersama, " pungkasnya. Dan harapan besarnya lelang bisa dikenal luas dimasyarakat sebagai instrumen  jual beli yang andal dan terpercaya. (HI KPKNL BATAM)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PEKAN LELANG 110 TAHUN
Senin, 26 Februari 2018
Kontak
Jl. Engku Putri (depan Gedung Pusat Informasi Haji) Batam Center - Batam 29444
(0778) 469824 - 469825
(0778) 469810
kpknlbatam@kemenkeu.go.id