Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
Pekan Lelang 110 Tahun di Batam
Dedy Christanto
Senin, 26 Februari 2018   |   743 kali

Batam - Dalam rangka menyemarakan ulang tahun lelang ke-110, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) Batam menyelenggarakan Pekan Lelang 110 Tahun yang dibuka secara resmi di KPKNL Batam pada Senin (26/2). Acara yang dihadiri oleh seluruh jajaran KPKNL Batam dan para stakeholder ini dibuka dengan ketukan palu lelang oleh Dedy Christanto, Kasi Informasi dan Hukum selaku Plh Kepala Kantor. Acara sosialisasi pekan lelang sendiri telah dilaksanakan Minggu (25/2) dengan penyebaran brosur ke masyarakat di Alun Alun Batam.

Dalam sambutannya, Dedy menyampaikan sejarah lelang di Indonesia yang ada sejak terbitnya Vendu Reglement (VR) Stbl. 189 Tahun 1908 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pada waktu itu, pemerintah hindia belanda menggunakan sistem lelang untuk lelang eksekusi dan barang pindahan Pejabat Hindia Belanda melalui kantor Inspeksi Lelang yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan (Direktuur van Financient), ujarnya. Walaupun VR sudah berusia 110 Tahun, sampai saat ini masih berlaku dengan beberapa pasal yang sudah dicabut/tidak berlaku lagi. Pembaharuan lelang harus dilakukan oleh DJKN untuk mengikuti perkembangan dan dinamika perkeonomian masyarakat. Deregulasi lelang pertama dilakukan tahun 1997 dengan memberikan kesempatan kepada perorangan/badan usaha swasta untuk mendirikan Balai Lelang menyelenggarakan lelang sukarela, sampai saat ini sudah berdiri 100 Balai Lelang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain melibatkan pihak swasta dalam memasyarakatkan lelang, DJKN juga meluncurkan sistem penawaran lelang melalui internet yang dinamakan e-auction melalui aplikasi berbasis web dengan alamat www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id sejak tahun 2014. Layanan ini telah mendapatkan penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2015 dari Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atas inovasi “Meningkatkan Pelaksanaan Lelang yang Efisien, Kompetitif, dan Adil Melalui Pelaksanaan e-Auction”. Khusus KPKNL Batam, Dedy menambahkan bahwa KPKNL Batam merupakan KPKNL Pertama yang meluncurkan e-auction corner sebagai tempat untuk edukasi penggunaan e-auction kepada penjual maupun pembeli lelang sejak Juni 2015.

Dedy juga menyampaikan terima kasih dan aspirasi kepada para stakeholder lelang yang telah membantu suksesnya acara pekan lelang di KPKNL Batam dan meminta kepada para stakeholder baik pemohon lelang maupun pembeli lelang untuk memberikan masukan demi perbaikan pelayanan lelang guna pembangunan KPKNL Batam menuju zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Tahun 2019 dan tak lupa mengundang kembali para stakeholder untuk menghadiri acara puncak Pekan Lelang 110 Tahun pada hari Rabu (28/2). Sebelum mengetuk palu sebagai tanda dimulainya Pekan Lelang, Dedy membawakan pantun:

Burung Elang Terbang Tinggi

Mencari Kutu di Punggung Kebo

Lelang telah termodernisasi

E-Auction lelang zaman now

Acara dilanjutkan dengan melaksanakan lelang sukarela yang dipandu oleh Dian Subakti penyampaian testimoni 110 tahun Lelang oleh para stakeholder. (Buby, Editor : Dedy Chris)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini