Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Artikel
Mengenal Organisasi Penilai Pemerintah Indonesia (OPPINI)
Resma Akbar Arifin
Senin, 22 Februari 2021   |   1798 kali

OPPINI atau Forum Penilai Pemerintah Indonesia adalah organisasi profesi yang menaungi para Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah yang pembinanya berada di bawah Direktorat  Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

 

Sejarah berdirinya OPPINI diawali pada Musyawarah Nasional pada tanggal 15-17 September 2020 untuk pembentukan Organisasi profesi pejabat Fungsional Penilai pemerintah (PFPP) dilaksanakan secara daring via video conference.

 

Nama organisasi profesi hasil Munas tersebut adalah Organisasi Penilai Pemerintah Indonesia, namun dalam perkembangannya berubah menjadi Forum Penilai Pemerintah Indonesia untuk menyesuaikan dengan ketentuan pendaftaran perkumpulan di Kemenkumham.

 

Visi dan Misi OPPNI

 

Visi

Menjadi organisasi profesi penilai pemerintah yang inklusif, andal, dan terpercaya, serta mampu mewujudkan penilai pemerintah yang berintegritas, profesional, independen, dan menjadi teladan bagi profesi penilai dalam mendukung pembangunan perekonomian Indonesia.

 

Misi

-       Meningkatkan integritas, profesionalisme dan kompetensi penilai pemerintah guna mewujudkan penilai pemerintah yang beretika dan andal;

-       Meningkatkan kepercayaan publik terhadap hasil penilaian yang dilakukan oleh penilai pemerintah;

-       Berperan dalam mewujudkan perlindungan hukum bagi Penilai pemerintah;

-       Mengembangkan hubungan komunikasi dan kerja sama dengan instansi pembina, organisasi/asosiasi profesi lainnya, instansi dan lembaga terkait dalam lingkup nasional dan internasional;

-       Mendorong terwujudnya ketersediaan basil data penilaian yang akuntabel dan dapat diandalkan;

-       Berperan dalam pengembangan standar, regulasi, dan keilmuan dibidang penilaian melalui penelitian dan kajian ilmiah.

 

Saat ini kepengurusan dan anggota  dari OPPNI yaitu Alexander Ginting sebagi Ketua Umum OPPINI Periode 2020-2023 didampingi oleh Warlan sebagai Wakil Ketua, OPPINI beranggotakan 140 Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah yang terdiri dari 107 Penilai Ahli Pertama, 20 Penilai Ahli muda, dan 13 Penilai Ahli madya.


Hadirnya OPPINI diharapkan mampu membangun dan terus menjaga prosionalisme para Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah dibawah naungan Direktorat Jenderal kekayaan negara.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini