Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banjarmasin Hadiri Kegiatan Edukasi Mengenai KPBU
Satria Rahman
Selasa, 19 September 2023   |   31 kali

Rabu (19/9), KPKNL Banjarmasin melalui beberapa pegawainya menghadiri Kegiatan Edukasi Pembiayaan Infrastruktur Daerah sebagai Penyangga Pembangunan Ibu Kota Nusantara yang diselenggarakan oleh Kemenkeu Satu Kalimantan Selatan bersama Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) bertempat di Grand Dafam Hotel di Banjarbaru.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan jajaran pemerintah daerah dari kabupaten dan/atau kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu,  Perwakilan Kemenkeu Kalimantan Selatan dan Tengah, Perwakilan Kemenkeu Kalimantan Timur dan Utara, DJPPR Kementerian Keuangan, Perwakilan dari Direktorat PKN DJKN, Perwakilan dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Asian Development Bank (ADB), PT PII, dan PT SMI.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni dimulai pada 19 September 2023 hingga 20 September 2023. Acara dimulai dengan  Welcoming Remarks oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Selatan, Kusumwardhani dan Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Brahmantio Isdijoso. Dilanjutkan dengan opening remarks oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar.

Kemudian dilanjutkan agenda Diskusi Panel mengenai skema KPBU sebagai Skema Pembiayaan Kreatif untuk Proyek Infrastruktur Daerah Pendukung IKN dengan narasumber dari Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dan Asian Development Bank (ADB). Acara selanjutnya di hari yang sama adalah sharing session dan penyiapan proyek KPBU Sektor Air dengan narasumber dari PDAM Tirta Moedal Kota Semarang dan PT SMI.

Adapun di hari kedua, agenda utama adalah Sharing session dan Penyiapan Proyek KPBU Sektor Jalan dan Penerangan Jalan dengan narasumber oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumatera Selatan dan PT PII. 

Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) sebagai skema untuk menyediakan layanan infrastruktur diharapkan dapat menjadi skema yang dapat meningkatan kualitas, efisiensi, dan efektivitas penyediaan layanan infrastruktur untuk masyarakat khususnya Pulau Kalimantan yang dipilih sebagai tempat Ibu Kota Negara yang baru. Dan dengan melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat mengambil pelajaran penting dari para narasumber dan mampu menerapkan skema KPBU dengan sukses.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini