Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banjarmasin Lelang Produk UMKM
Yenni Ratna Pratiwi
Kamis, 03 Juni 2021   |   241 kali

Banjarmasin (03/06), KPKNL Banjarmasin mengikuti Kompetisi dan Inovasi Lelang Produk UMKM atau dikenal dengan sebutan Kedai Lelang. Kedai Lelang merupakan upaya nyata dari kepedulian DJKN  dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional yang terpukul akibat pandemi.  Kedai Lelang juga merupakan bentuk inovasi  dalam optimalisasi  lelang pada sektor lelang sukarela dengan objek produk Usaha  Mikro , Kecil, dan Menengah (UMKM).

Untuk mendukung kegiatan tersebut, KPKNL Banjarmasin bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Selatan dalam melakukan pendataan UMKM yang berada di wilayah Kalimantan Selatan. Selanjutnya Tim Kedai Lelang KPKNL Banjarmasin telah melakukan survei kebeberapa UMKM yang produknya sesuai dengan kriteria Kompetisi dan Inovasi Lelang Produk UMKM. Dari hasil survei, ada 3 UMKM yang dipilih oleh KPKNL Banjarmasin. Ketiga UMKM tersebut adalah UMKM Alika Sasirangan, UMKM EazyWear, dan UMKM D’Lamiz.

UMKM Alika Sasirangan adalah salah satu UMKM di Wilayah Kota Banjarmasin, yang memproduksi kain khas Suku Banjar yaitu Kain Sasirangan. Alika Sasirangan adalah UMKM yang terdampak pandemi, sehingga mengalami penurunan omset yang sangat signifikan. Hal tersebut juga terjadi pada UMKM Eazy Wear dan D’Lamiz. Eazy wear merupakan UMKM yang juga memproduksi kain sasirangan, sebelum pandemi UMKM Eazy Wear sering mendapatkan pesanan kain sasirangan dari instansi maupun sekolah akan tetapi pandemi membuat pesanan kain sasirangan menurun drastis. Selanjutnya UMKM D’Lamiz adalah UMKM yang memproduksi kerajinan tas yang terbuat dari kain sasirangan maupun tas purun khas Kalimantan Selatan.

Tim Kedai Lelang KPKNL Banjarmasin berharap dengan keikutsertaan ketiga UMKM tersebut dapat mendukung bangkitnya UMKM tersebut dan juga mengenalkan UMKM tersebut kepada masyarakat luas. Lelang Produk UMKM ini akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 03 Juni 2021 pada website www.lelang.go.id. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini