Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Service Excellence untuk Kepuasan Stakeholder
Yenni Ratna Pratiwi
Rabu, 17 Maret 2021   |   2738 kali

Rabu, 17/03/2021 KPKNL Banjarmasin bekerja sama dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wialyah Banjarmasin mengadakan In House Training “Pelayanan Prima” untuk seluruh pejabat dan pegawai di Aula KPKNL Banjarmasin.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya KPKNL Banjarmasin dalam meningkatkan kompetensi pegawai sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada para stakeholder. “Pelayanan kepada stakeholder harus terus ditingkatkan karena ini juga merupakan pesan yang ada dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan. Kita harus memberikan pelayanan prima dan membuat stakeholder puas terhadap layanan kita”, kata Sugeng Harijadi dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini PT. BNI Persero (Tbk) Kanwil Banjarmasin  yang diwakili oleh Soffie Renata menyampaikan materi tentang Service Excellence. Menurut Soffie dalam menjalankan layanan, instansi harus dapat memberikan service excellence atau pelayanan yang prima walaupun layanan akan terus bergerak seiring berjalannya waktu dan bersifat fleksibel sesuai permintaan pasar. Service Excellence adalah salah satu hal penting dalam pelayanan. Memberikan pelayanan yang prima artinya  instansi memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan customer. 

Ada  4 (empat) pilar dalam membangun mutu layanan antara lain adalah place (tempat), physical (fisik), people (SDM), dan process (proses). Place (tempat) berhubungan dengan tempat/lokasi kantor, apakah sudah terdapat petunjuk jalan, atau tag lokasi dari kantor sehingga tamu yang ingin berkunjung tidak kesulitan dalam mencari lokasi kantor. Physical (fisik) meliputi kenyamanan, keberishan dan kerapian kantor sehingga membuat tamu yang datang merasa nyaman. People (SDM) berkaitan dengan SDM yang melakukan pelayanan, apakah petugas Area Pelayanan Terpadu (APT) sudah bersikap ramah, memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan dan berpenampilan rapi. Terakhir adalah prosess (proses) yaitu tentang SOP layanan, adakah monitoring evaluasi terhadap layanan yang telah diberikan.

Selanjutnya Soffie berpesan dalam memberikan pelayanan harus diperhatikan juga kemampuan dalam mendengar dan berempati. Jangan sampai jawaban yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh stakeholder.

Diharapkan setelah selesai mengikuti In House Training pegawai KPKNL Banjarmasin mendapatkan pengetahuan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada stakeholder. 

YRP/Tim Humas KPKNL Banjarmasin

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini