KPKNL Banjarmasin
Berita DJKN

Tumbuhkan Semangat Kerja, KPKNL Banjarmasin Adakan Lokakarya

Senin, 23 April 2018   |   170 kali

Banjarmasin – Pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin mengikuti lokakarya peningkatan soft competency, yang bertajuk “Bersinergi untuk Negeri, Revalusai BMN Tuntas Berkualitas” pada Selasa, (17/4) di Banjarmasin.


Acara tersebut dipandu oleh  Widyaiswara di Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan Tri Ratna Taufiqurrahman dan Widyaiswara dari Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Kusnadi. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, outdoor dan indoor. Sesi pertama merupakan sesi outdoor yang dilaksanakan di lapangan KPKNL Banjarmasin, diisi dengan permainan balon dan permainan air, dimana kedua permainan tersebut yang melatih sinergi antar pegawai dalam setiap tim dan memberikan gambaran leadership yang baik. Selain itu  ada permainan “problem solving” yang mengasah kreatifitas pegawai dalam menghadapi masalah.


Sesi kedua adalah sesi indoor yang dilaksanakan di Aula KPKNL Banjarmasin, kegiatan diisi dengan motivasi dan sharing knowledge yang dipandu oleh Tri. Dalam sesi ini Tri menyampaikan kiat membentuk insan DJKN yang mampu bersinergi dengan tiga pedoman, yaitu komunikasi, kepercayaan dan gotong royong. Selain itu, Tri Ratna juga membagi kiat berkomunikasi yang baik yaitu LOQVE (listen, observe, question, verify, explain), REACH (respect, empathy, audible, clarity, humble) dan SoFTEN (smile open, forward lean, touch, eye contact, nod).


Lokakarya ini juga memberikan semangat kepada seluruh pegawai karena seharian duduk di kursi dan mengerjakan hal yang sama terus menerus akan memacu rasa bosan dan jenuh, keadaan tersebut bahkan mampu menghalangi  otak mengeluarkan ide-ide kreatifnya. Bukan hanya itu, terlalu memforsir otak untuk mengerjakan tumpukan laporan revaluasi dan penilaian juga akan menurunkan hasil yang seharusnya mampu dihasilkan. Karena itulah, perlu diciptakan rasa bahagia dalam bekerja agar kemampuan kerja tetap di titik maksimal.


Acara lokakarya ditutup dengan arahan dari Kepala Subbagian Mutasi dan Manajemen Kinerja Sekretariat DJKN Suwadi Tristiyawan mengenai manajemen talenta dan mutasi pegawai. Suwadi juga menghimbau agar pegawai mengisi SIPRITA (Sistem Informasi Preferensi Unit Kerja), diharapkan jika sewaktu-waktu ada mutasi pegawai sesuai dengan preferensi mereka.

Senyum dan tawa pegawai hari ini memberikan semangat baru dalam bekerja. Kejenuhan rutinitas yang bertumpuk telah hilang, ide-ide kreatif siap mewarnai kembali hari-hari pegawai.

 

 

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Pramuka No. 7 Banjarmasin - 70249
(0511) 4281286
(0511) 4281261
kpknlbanjarmasin@kemenkeu.go.id