Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penat Bekerja , Lakukan Aktivitas Ini Selepas Bekerja !
Yenni Ratna Pratiwi
Selasa, 09 November 2021   |   786 kali

Sadar atau tidak, pada usia dewasa ini waktu kita banyak dihabiskan di tempat kerja.  Rutinitas pekerjaan kantor seolah tidak pernah berhenti. Berangkat di pagi hari, pulang di malam hari  bahkan tak jarang masih harus lembur hingga tengah malam dan keesokan harinya harus bekerja lagi. Hal tersebut berulang-ulang setiap harinya dari Senin – Jumat bahkan Sabtu dan Minggu pun masih ada dari kita yang disibukkan dengan pekerjaan.

Ada banyak orang  yang terlalu bekerja keras sehingga lupa  memperhatikan kesehatan  mereka. Padahal kita juga butuh untuk memberikan batasan yang sehat dalam bekerja  sehingga kesehatan kita pun bisa terjaga. Memiliki kesehatan  mental maupun fisik yang baik, juga sangat berpengaruh terhadap produktivitas seseorang dalam bekerja.

Nah biar kamu tetap produktif dalam bekerja dan tetap sehat jangan lupa untuk meluangkan waktu beristirahat atau mengambil jeda sejenak dari segala rutinitas pekerjaan, berikut ada tips aktivitas yang bisa kamu lakukan selepas bekerja setiap harinya.

Mendengarkan Musik  dan Suara yang Menenangkan

Mendengarkan musik dapat mengalihkan respon stress menjadi “off” dan membantu  pikiran dan emosi pulih dari stress pekerjaan hari ini.  Mendengarkan musik bisa memiliki efek positif pada suasana hati dan menjadi alternatif  bentuk relaksasi

Membaca

Membaca dalam waktu 6 menit ternyata  dapat mengurangi stress sebanyak 68 persen loh ! Tapi tentunya apa yang kita baca  menentukan hasilnya. Untuk mengurangi stress atau lelah akibat bekerja , kalian bisa membaca novel, komik atau buku karya sastra lainnya yang memiliki cerita yang menyenanagkan yang dapat meningkatkan rasa empati, kasih sayang terhadap dirimu maupun orang lain.

Menulis Jurnal

Menuliskan apa yang hari ini kita alami, pikirkan  dan rasakan  dapat membantu  mengurangi rasa cemas, dan khawatir  yang kita hadapi. Menulis jurnal juga dapat membantu mengeluarkan pikiran negatif  dan memberikan perasaan yang lebih baik

Berendam atau berenang

Air memiliki efek penyembuhan. Ketika berendam atau berenang tubuh  merespon  dengan melepaskan stress . Berenang atau berendam dengan air hangat juga dapat menenangkan otot yang tegang dan membuat relaks.

Tertawalah

Tertawa dapat menurunkan  tingkat kortisol atau hormon penyebab stress,  dengan tertawa  hormon endorfin akan meningkat dan membuat perasaan bahagia. Mendengarkan  cerita teman yang  lucu,  menonton serial komedi bisa menjadi alternatif untuk bisa tertawa.

Kamu dapat mencoba tips –tips diatas selepas bekerja ya, agar keesokan harinya kita dapat bekerja lebih semangat dan lebih produktif lagi. Semangat !

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini