Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Komunikasi Excellent adalah Kunci Kesuksesaan
Yenni Ratna Pratiwi
Rabu, 31 Maret 2021   |   2526 kali

Komunikasi adalah sebuah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Sehingga dapat dikatakan bahwa komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya yang dilakukan secara  langsung maupun tidak langsung.

Saat ini memiliki kemampuan komunikasi yang excellent sangat diperlukan karena dapat mendukung kesuksesan baik dalam karir, bisnis dan kehidupan sehari-hari. Untuk mendukung hal tersebut berikut ada beberapa skill komunikasi yang harus dipelajari sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi.

 Listening (Mendengarkan)

Kemampuan mendengarkan dapat diartikan sebagai proses pemahaman secara aktif untuk mendapatkan informasi, dan sikap dari pembicara yang tujuannya untuk memahami pembicaraan tersebut secara objektif. Memiliki kemampuan mendengarkan apalagi menyimak lawan bicara adalah salah satu kunci sukses dalam karir.


    Friendliness (Membangun Relasi)

    Kemampuan untuk membangun relasi dengan orang lain sangat penting. Dalam membangun sebuah relasi dibutuhkan waktu yang tidak singkat tetapi diperlukan tahapan-tahapan. Tahapan tersebut antara lain dapat membangun kesan pertama, membangun hubungan baik dan meningkatkan relasi.

    Open Mindedness (Berpikir Terbuka)

    Open Mindedness adalah sebuah  cara pikir dimana kita dapat menghargai, menerima sudut pandang orang lain yang berupa ide dan gagasan , masukan atau saran dan lain sebagainya, namun tetap harus menyaring sudut pandang tersebut berdasarkan kebenaran yang telah kita dapatkan. Dalam berkomunikasi, terbuka terhadap masukan maupun informasi yang datang sangat penting.

    Feedback (Umpan Balik)

    Feedback adalah umpan balik yang diberikan dari suatu perspektif sebagai komunikan untuk memberikan pendapatnya terkait sesuatu (bisa berupa produk, atau hal lain) kepada pihak lain sebagai komunikator (berlaku sebaliknya). Tujuannya agar sesuatu itu bisa ditindaklanjuti untuk diadakan suatu bentuk perbaikan. Hal tersebut, dimaksudkan supaya umpan baik yang diberikan bisa lebih baik yang diberikan bisa lebih dan mampu memberikan kepuasan bagi kedua belah pihak. Memiliki kemampuan memberi feedback (umpan balik) sekaligus menerima feedback akan membuat seseorang tumbuh dengan efektif.

    Confidence (Percaya Diri)

    Kemampuan percaya diri adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa percaya dan mengakui akan kemampuan pribadinya dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Orang yang yakin dengan idenya akan memunculkan aura yang powerful. Sebaliknya orang yang penuh keraguan, akan berimbas kepada persepsi ketidakyakinan orang lain. Bagaimana orang lain bisa yakin jika anda sendiri tidak yakin.

    Non Verbal Communication (Komunikasi Non Verbal)

    Komunikasi non verbal adalah transfer informasi melalui penggunaan bahasa tubuh termasuk termasuk kontak mata, ekspresi wajah , hingga gerakan tubuh. Bahasa tubuh, intonasi, gesture tangan, ekspresi wajah dan senyuman, hingga cara kita berpenampilan baik online maupun offline akan berpengaruh terhadap image dan kesan yang ditangkap orang lain.

Penulis : Yenni Ratna Pratiwi


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini