Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
Terjual 1 Bidang Tanah dan Bangunan Yang Dilelang secara Open Bidding
Sovi Soviati
Jum'at, 19 Maret 2021   |   283 kali

Bandung. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung berhasil melaksanakan lelang eksekusi Hak Tanggungan Perorangan atas satu hamparan tanah beserta bangunan yang dilelang secara open Bidding, lelang dilaksanakan di Kantor KPKNL Bandung, beralamat di Gedung N Gedung Keuangan Negara lantai 1, Jl. Asia Afrika No. 114 Bandung, Jumat (19/03).

Lelang dilaksanakan atas permohonan dari Michael Ryan Adiwinata atas 1 bidang tanah yang terdiri dari 2 SHM dengan luas total 650 m2 yang berlokasi di Jalan Gandasoli Cikambuy Tengah, Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

Pelaksanaan lelang kali ini dipimpin oleh Pejabat Fungsional Pelelang Pertama Munawar Eka Fitrah dan dari pihak penjual dihadiri oleh Faizal Rustam yang mewakili Michael Ryan Adiwinata. Lelang kali ini dilaksanakan secara terbuka atau biasa disebut Open Bidding dimana setiap penyetor jaminan dapat melihat penawaran dari pihak lain sehingga bisa bersaing secara terbuka dan kali ini terdapat 2 penyetor uang jaminan, namun demikian, hanya satu orang yang menawar. Pelaksanaan penawaran lelang dimulai dari pukul 09.00 WIB dan diakhiri pukul 11.00 WIB dengan terlebih dahulu meng-upload Kepala Risalah Lelang sebagai tanda dimulainya pelaksanaan lelang.

Lelang ditetapkan pemenangnya pada pukul 11.00 WIB dan berhasil mengumpulkan pokok lelang sebesar Rp. 520.000.000,00. Menurut Faizal Rustam, selaku penjual yang mewakili Michael Ryan Adiwinata, saya biasa melaksanakan lelang secara open bidding di KPKNL Jakarta dan hasilnya cukup memuaskan, sehingga permohonan lelang di KPKNL Bandung juga dilaksanakan secara open bidding dan bersyukur lelangnya laku seperti yang diharapkan. “Alhamdulilah lelang nya laku sesuai yang diharapkan, untuk fasilitas lelangnya lebih enak disini dengan disediakannya Televisi untuk melihat penawarannya dan ruangan yang lebih luas” ujarnya.

Jadi, mau lelang secara Closed Bidding maupun Open Bidding masing-masing cara penawaran lelang  mempunyai kelebihan untuk kepentingan pihak penjual maupun peserta lelang, dan dengan lelang laku terjual pasti akan menyumbang ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berupa bea lelang pembeli dan bea lelang penjual, PPh serta BPHTB ke Pemda dimana objek lelang berada.

 

Teks/Dokumentasi : Sovi Soviati

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini