Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Artikel
Tips Menjaga Kesehatan di Sela Waktu Bekarja
Nining Nur Taslimah
Selasa, 06 Desember 2022   |   2141 kali

Kesehatan merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan kita dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Tubuh sehat menjadikan pikiran dan tenaga dapat dimanfaatkan dengan optimal, lain halnya ketika tubuh kita sedang sakit.  Semakin bertambahnya usia kita semakin kurang memperhatikan kesehatan, apalagi adanya tumpukan perkerjaan yang harus segera diselesaikan. Bekerja dari jam 07.30 sampai dengan 17.00 membuat kita tertahan dengan posisi duduk dalam jangka waktu yang lama.

Dikutip dari alumni.ugm.ac.id meurut Dr Mark Tully, UKCRC Centre of Excellence for Public Health di Queen’s University, Belfast, Irlandia, mengatakan kepada RTE.ie bahwa rata-rata orang menghabiskan waktu selama sembilan jam atau 80 persen dalam sehari untuk duduk. Penelitian ini meyakini bahwa duduk untuk waktu yang lama ternyata berhubungan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes dan penyakit lainnya.

Apabila kita tidak memperhatikan dengan baik aktivitas saat di kantor, dikhawatikan dapat mempengaruhi kesehatan di kemudian hari, utamanya ketika akan memasuki usia pension, risiko-risiko penyakit rentan menyerang tubuh.

Tidak sedikit dari pekerja yang malas berolahraga saat berada di kantor dengan alasan mulai dari tidak adanya waktu, pekerjaan yang menumpuk, hingga takut berkeringat saat bekerja.  Sebenarnya banyak cara untuk menjaga kesehatan disela-sela padatnya kegiatan dikantor yaitu:

1.      Peremajaan Otot ( Peregangan )

Sering sekali kita mengeluhkan sakit pinggang atau sakit dibagian sendi lainnya karena terlalu lama berdiam diri (duduk) di tempat kerja kita, salah satu cara terhindar dari hal tersebut dengan melakukan peregangan dibagian-bagian otot sendi kita seperti :

a.    Triceps stretch

1)    Siapkan Posisi duduk dengan tegak

2)    Angkat tangan kiri lalu pegang skitut lengan kiri dengan tangan kanan hingga lengan kiri memegang punggung atas bagian kanan

3)    Tahan posisi ini hingga 30 detik

4)    Lakukan sama di lengan yang satunya

 

b.    Forward stretch

1)    Siapkan Posisi duduk dengan tegak dan nyaman

2)    Rentangkan lengan arah depan

3)    Dorong tangan hingga otot punggung tertarik

4)    Tahan posisi ini hingga 10-20 detik

 

c.    Upper body and arm stretch

1)    Ambil posisi duduk tegak dan nyaman

2)    Simpulkan kedua jari dan arahkan telapak tangan keluar

3)    Tarik lengan keatas lalu dorong ke bagian atas

4)    Tahan posisi ini selama 10-20 detik

 

d.    Shoulder stretch

1)    Ambil posisi duduk tegak dan nyaman

2)    Simpulkan kedua jari dan arahkan telapak tangan ke belajang pinggang 

3)    Dorong kedua tangan dengan menarik tangan ke belakang, hingga dada membusung dan dagu terangkat

4)    Tahan pose ini selama 10-20 detik

 

2.      Perbanyak Berjalan Kaki dan Naik Turun Tangga

Banyak sekali jenis olahraga saat ini dengan berbagai cara dan berbagai metode, tidak usah takut untuk olahraga satu ini karena kita tidak perlu membutuhkan waktu banyak, tempat dan tenaga extra. Karena berjalan kaki bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja.

Dikutip dari situs Shape-Able, kegiatan seperti naik-turun tangga ternyata dapat membakar 150 kilokalori (kkal) atau setara 150 ribu kalori hanya dalam waktu 15 menit dan berjalan 10.000 langkah per hari dapat menjaga kesehatan tubuh orang dewasa. hal tersebut dapat mengurangi terkenanya penyakit stroke di kemudian hari.

3.      Mengatur Pola Makan dan Perbanyak Minum Air Putih

Pola makan dan banyak minum air putih adalah salah satu point terpenting setelah berolahraga, dengan cara memperhatikan pola makan dan banyaknya minum air putih sama seperti kita menjaga kesehatan kita di masa yang akan datang, karena kurangnya mengatur pola makan dapat membuat pekerja kantoran lebih mudah terkena obesitas dan penyakit jatung.

Sarapan pagi sebelum memulai aktivitas sangatlah penting. Layaknya mobil, kita juga butuh “bahan bakar” untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. sarapan membekali tubuh dengan zat gizi yang diperlukan untuk berpikir, bekerja, dan melakukan aktivitas fisik secara optimal setelah bangun pagi. Maka dari itu biasakan sarapan saat sebelum berangkat kerja, lalu perhatikan asupan nutrisi yang dimakan, usahakan bawa buah-buahan dan hindari cemilan yang tinggi gula dan jangan lupa untuk selalu bawa tempat minum pribadi saat bekerja untuk memperbanyak minum air putih.

Sumber :

https://herminahospitals.com/id/articles/pentingnya-sarapan-pagi

https://alumni.ugm.ac.id/2016/04/11/mengurangi-risiko-terlalu-lama-duduk-ketika-bekerja/

https://www.alodokter.com/pola-makan-sehat-untuk-pekerja-kantoran

https://data.tempo.co/data/1167/tak-hanya-lari-dan-bersepeda-naik-turun-tangga-dapat-cepat-bakar-kalori

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini