Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Artikel
Yuk Nabung untuk Masa Depan Terjamin!
Pramutyarini Rahma Rusilowati
Selasa, 09 Agustus 2022   |   22640 kali

Pada saat ini, menabung itu hal yang sudah menjadi kebiasaan bagi orang dewasa lantaran sudah diajarkan sejak dini, bahkan menjadi kebiasaan ketika masih di sekolah. Meski begitu, menabung masih menjadi sebuah masalah sekaligus hal yang sulit dilakukan oleh generasi muda zaman sekarang. Penyebab utamanya adalah, gaya hidup yang terlalu "wah" Dikarenakan apa yang mereka lihat di sosial media dan lingkungan sekitarnya, sebagai contoh ialah para influencer dengan gaya hidup mereka yang mewah, pamer harta yang dipunya atau dikenal dengan istilah Flexing, dan banyak lagi.

Tanpa disadari, hal itu berpengaruh terhadap pola pikir anak muda zaman sekarang. Tak sedikit dari mereka yang bahkan menganggap wajar gaya hidup hedon, padahal tanpa mereka sadari hal itu akan berpangaruh terhadap pengelolaan keuangan mereka di masa yang akan datang. Banyak anak muda zaman sekarang yang tidak memperdulikan urusan menabung, lantaran mereka berpikir itu semua hanya hal yang sia-sia yang terpenting hari ini dan gaya hidup mereka.

Padahal, menabung itu memiliki banyak manfaat loh, mau tau apa aja? Ada beberapa manfaat menabung, yaitu:

1. Belajar menghargai uang

Saat kita menabung, kita akan tahu betapa sulitnya untuk mengumpulkan dan mendapatkan uang. Sehingga, kita akan belajar berpikir bagaimana cara memakai uang ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan semata.

2. Belajar Disiplin

Kebiasaan menabung mampu melatih kita untuk disiplin dalam mengatur keuangan karena saat memulai untuk menabung pasti ada uang jajan yang harus di sisihkan. Dari hal itulah, kita dilatih disiplin dan konsisten dalam menyisihkan uang guna memenuhi target tabungan kita.

3. Belajar Hidup Hemat

Menabung mampu melatih kita untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan, sehingga kita tidak mudah menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Selain hidup hemat, secara tidak langsung kita pun dilatih untuk tidak berperilaku konsumtif.

4. Melatih Kemandirian

Dengan menabung, kita akan belajar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita melalui usaha sendiri tanpa harus meminta apalagi merengek untuk dipenuhi keinginannya. Contohnya, ketika kita ingin membeli make up, baju atau barang apapun yang diinginkan kita pasti akan menabung terlebih dahulu menyisihkan uang jajan tanpa meminta kepada orang lain.

5. Belajar Mengatur Keuangan

Dari menabung, selain kita bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan kita juga bisa membuat manajemen uang untuk kebutuhan sehari-hari, seperti uang makan berapa, uang jajan berapa dan seterusnya. Dengan begitu, kita sudah belajar cara mengatur keuangan sesuai dengan porsi kita, tidak kelebihan tidak pula kekurangan.

6. Memahami Konsep Dana Darurat

Saat kita menabung, kita akan paham bahwa di kemudian hari kita tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi, oleh karena itu penting untuk menyiapkan tabungan sebagai dana darurat bila ada hal-hal diluar perhitungan kita yang terjadi. Kita akan paham, betapa pentingnya memiliki dana darurat untuk keuangan dibandingkan harus memakai uang tersebut untuk hal yang tidak penting.

Nah, banyak sekali kan manfaat  untuk menabung selain kita bisa menyiapkan keuangan jangka pendek, kita juga bisa menyiapkan keuangan jangka panjang bahkan bisa sampai belajar banyak hal termasuk pentingnya ada dana darurat yang zaman sekarang hal itu sudah mulai diabaikan. Menabung tidak melulu soal uang ya bisa berupa investasi emas, logam mulia, dan banyak lagi. Selain itu, tempat menabung juga tidak hanya di celengan tapi juga bisa di Bank.

Jadi, yu mulai belajar menabung demi kesehatan keuangan  dan kesiapan finansial kita di masa yang akan datang. Karena, dengan menabung bukan membuat kita menjadi miskin melainkan membuat kita semakin matang menghadapi kebutuhan finansial di masa yang akan datang.

Penulis: Pramutyarini RR

 

Sumber:

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/04/13/manfaat-menabung-sejak-dini#:~:text=Melatih Hidup Hemat,menghindari anak anda berperilaku konsumtif.

https://www.cermati.com/artikel/mengenal-hedonisme-gaya-hidup-konsumtif-yang-bisa-bikin-keuangan-merana

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini