Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menilik Potensi Pasar UMKM melalui Lelang
Muhammad Athaya Zhafran
Kamis, 25 Januari 2024   |   49 kali

Banda Aceh—Penggalian potensi lelang dan survey produk UMKM kembali diadakan di tahun 2024 ini. KPKNL Banda Aceh melakukan Penggalian potensi lelang dan survey produk UMKM pada 22-24 Januari di Kab. Pidie dan Kota Banda Aceh. Di Kab. Pidie, KPKNL Banda Aceh mengunjungi UMKM Meutuwah Mata dan UMKM Meusyeuhu. Kab. Pidie yang terkenal dengan melinjonya yang berkualitas membuat Kab.Pidie banyak menghasilkan olahan melinjo, salah satunya dari UMKM Meutuwah Mata. UMKM Meutuwah memiliki 3 produk unggulan yaitu emping original siap goreng, emping Aceh Balado siap makan, dan emping melinjo cracker.

Selain itu, KPKNL Banda Aceh juga mengunjungi UMKM Meusyeuhu. UMKM ini merupakan UMKM yang bergerak di Industri Peci khas Aceh yang berbasis di Kab. Pidie. Terdapat sekitar 25 produk dari UMKM Meusyeuhu yang dibuat secara langsung (homemade) oleh komunitas masyarakat di Desa Garoet, Kab. Pidie yang hampir sebagian besar merupakan pengrajin. Di Kota Banda Aceh, KPKNL Banda Aceh mengunjungi UMKM Krips Chips yang merupakan UMKM berskala home industry .yang bergerak dalam bisnis makanan ringan berupa keripik pisang. Beberapa produk unggulan dari Pelaku UMKM Krips Chips yaitu keripik pisang dengan berbagai rasa yaitu keripik pisang original, keripik pisang rasa coklat, dan keripik pisang rasa matcha serta Chokres (CoklattKrenyes))yang terdiri dari rasa coklat, matcha, dan coffee.

Penggalian potensi lelang UMKM ini menunjukkan bahwa eksitensi lelang.go.id yang mampu mengakomodir berbagai jenis lelang salah satunya lelang sukarela UMKM sekaligus memperkenalkan platform lelang.go.id yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif serta bentuk pemberdayaan UMKM yang telah banyak membantu perekonomian Indonesia oleh Pemerintah. Harapannya, lelang UMKM juga dapat menjadi wadah baru bagi para pelaku UMKM dalam mencari pasar baru terhadap produknya. (Narasi/Foto: Seksi HI KPKNL BNA)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini