KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Dilelang! Scrap Ternyata Laku Keras!

Senin, 11 November 2019   |   16 kali

Balikpapan- Tim Pelayanan Lelang KPKNL Balikpapan bertolak ke Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim) selaku pihak penjual pada Rabu (7/11) demi melelang beberapa kendaraan bermotor dan mobil. Tak disangka, rongsokan -atau yang acap kali disebut dengan scrap (limbah padat)- justru laku keras.

            Baso Syamsudin, Kepala Seksi Pelayanan Lelang sekaligus Pejabat Lelang yang bertugas pada kegiatan tersebut dapat bernapas lega. Sebab barang-barang yang dilelangnya laku dengan peminat yang cukup banyak. Didampingi oleh Yan Isnur Aji sebagai Asisten Pejabat Lelang, ia berhasil menjual dua unit mobil dan dua unit scrap kendaraan bermotor.

            Dua unit kendaraan bermotor berupa scrap yang menjadi incaran para peserta lelang ialah Toyota Kijang STD KF40 Short. Sedangkan kendaraan bermotor lainnya yang masih dalam kondisi baik ialah satu unit Toyota Kijang Super KF83 Long dan satu unit Toyota Kijang Super KF40 Short. Uniknya, barang-barang yang selintas kurang menarik tersebut justru mengalami lonjakan harga yang luar biasa. Hal tersebut menunjukkan tingginya animo peserta lelang terhadap barang-barang yang dilelang oleh KPKNL Balikpapan.

            Lelang untuk barang-barang yang dijual oleh Kanwil Bea Cuka Kalbagtim dilaksanakan melalui mekanisme e-auction, yakni lelang online dimana Pejabat Lelang dan Peserta Lelang tidak harus bertemu dalam satu ruangan. Cukup melalui laman lelang.go.id, Peserta Lelang bisa langsung membuat akun dan memilih sendiri lelang barang apa yang ingin diikutinya.

            Tak hanya kendaraan bermotor dan scrap, masih banyak item yang dapat ditemukan di laman lelang.go.id. Mulai dari ponsel, laptop, rumah dan tanah bahkan skincare juga peralatan rumah tangga seperti kipas angin.

            Meningkatnya animo masyarakat terhadap penyelenggaraan lelang melalui mekanisme e-auction juga menimbulkan cobaan baru bagi DJKN yakni maraknya penipuan lelang. Untuk itu, diharapkan seluruh peserta lelang untuk tidak menghiraukan himbauan menyetor uang jaminan atau pelunasan jika      diarahkan ke rekening pribadi. Sebab seluruh uang jaminan maupun pelunasan hanya disetor melalui rekening atas nama kantor yang nantinya akan diproses oleh bendahara. 

             Jika menemukan informasi lelang mencurigakan, bisa langsung menghubungi call center DJKN di 1-500-991 atau ke nomor telepon KPKNL Balikapapan di (0542)-736408.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id