Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Artikel
DAMPAK POSITIF PENYELENGGARAAN KONSER MUSIK BAGI PEREKONOMIAN
Sulastri
Selasa, 06 Juni 2023   |   2597 kali


DAMPAK POSITIF PENYELENGGARAAN KONSER MUSIK BAGI PEREKONOMIAN

 

Hey guys, ketemu lagi dalam artikel KPKNL Balikpapan. Sekarangkan lagi rame nih coldplay mau datang ke Indonesia, ada yang menang war tiketnya ngga? banyak loh dampak positif penyelenggaraan konser musik bagi perekonomian. Yuk kita bahas satu persatu..

Penyelenggaraan Konser Musik dapat meningkatkan kreatifitas musisi dan pelaku Industri kreatif Indonesia. Penyelenggaraan konser musik memberikan peluang bagi penyanyi, kelompok musik lokal dan musisi lainnya untuk tampil dalam momen yang lebih besar dan mendapatkan income yang lebih tinggi. Hal ini memberikan stimulus bagi musisi pribadi dan ekonomi juga loh.

Disamping itu Penyelenggaraan Konser Musik memberikan rangsangan bagi geliat ekonomi masyarakat. Penyelenggaraan konser musik acap kali diadakan di stadion, venue luas, atau tempat khusus yang membutuhkan infrastruktur pendukung. Hal ini memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, seperti income revenue bagi tuan rumah dan usaha kecil menengah di sekitar tempat konser. Disamping itu, pendapatan dari pajak dan retribusi dari konser dan kegiatan pendukung lainnya juga berkontribusi pada perekonomian daerah.

Dampak positif lainnya dari Penyelenggaraan Konser Musik yaitu menjadi penggerak roda ekonomi, mendorong pertumbuhan investasi dan konsumsi masyarakat, bagi daerah-daerah tempat digelarnya konser tentu saja secara langsung mendapatkan manfaatnya, terjadinya perputaran ekonomi yang secara langsung membantu tumbuhnya UMKM dan salah satu potensi pembangkit ekonomi dari sisi ekonomi kreatif.

Penyelenggaraan Konser musik bisa berhubungan dengan banyak aspek seperti Promotor, jasa sewa peralatan audio dan pencahayaan, jasa keamanan, pemasaran dan bahkan pawang hujan J.  Ini menciptakan lapangan kerja bagi berbagai profesi terkait, sehingga terbentuklah lapangan kerja baru hal ini berkontribusi pada pengurangan tingkat pengangguran.

Nah itu guys sedikit kita bahas dampak-dampak positif penyelenggaraan koser musik di indonesia, yang menang war tiket cerita2 ya nanti kalo udah pulang nontonnya, karena mimin ngga dapet L, see you next timeā€¦

 

Penulis Artikel : Ridwan Herdianto/Jafung  Pelelang Ahli Pertama

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini