Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bangkitkan UMKM Melalui Open House UMKM Fair
Fia Malika Sabrina
Selasa, 07 September 2021   |   351 kali

Sumatera Utara –Pandemi Covid-19 telah membawa perekonomian nasional dan global ke arah resesi ekonomi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan global yang negatif atau kontraksi. Perekonomian nasional sendiri, baru mengalami kontraksi pada triwulan II tahun 2020 dengan pertumbuhan ekonomi -5,3 persen. Salah satu sektor yang sangat terpukul oleh pandemi Covid-19 adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang juga menggerek turunnya perekonomian nasional. Hal ini bisa dipahami karena UMKM mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian nasional.

Dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional, DJKN dalam hal ini Kanwil DJKN Sumatera Utara bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia melalui kegiatan Open House UMKM Fair yang menyediakan sarana bagi UMKM untuk memasarkan produknya secara digital ke seluruh Indonesia dengan menggunakan platform Lelang Indonesia pada  website  lelang.go.id melalui media daring zoom pada Selasa (7/9).

           “Lelang UMKM  diharapkan dapat dilaksanakan berkesinambungan dalam website lelang.go.id, selaras dengan proyek delegates DJKN Muda yang berkolaborasi dengan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara sehingga mitra lelang UMKM binaan Bank Indonesia dapat mengikuti program ini yang diadakan oleh DJKN. Pada kali ini terdapat  5 (lima) UMKM yang mengikuti  yaitu Aloya Coffee, Minyak Karo Laucih, Galeri Ulos Sianipar, Dodol Bengkel Sejahtera dan Sinar Nias Virgin Coconut Oil) dimana kelima UMKM ini besuk akan mengikuti lelang yang diselenggarakan pada platform lelang.go.id”, papar Hendri selaku Ketua Acara Open House.

          Disisi lain, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara Tedy Syandriadi turut menggaungkan kegiatan ini sebagai salah satu program pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pada kesempatan ini kegiatan lelang UMKM ini sebagai sarana pemasaran oleh DJKN yang dapat di akses dari seluruh Indonesia. Sehingga para pelaku UMKM dapat meningkatkan pemasaran dan harapannya dapat meningkatkan pendapatan mereka. Sehingga UMKM khusunya di Provinsi Sumatera Utara dapat bangkit kembali.

                Selain itu pada kesempatan ini hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo memaparkan pertumbuhan ekonomi  pada Sumut sebesar 4,95 persen, dimana salah satu pertumbuhan tertinggi  pada sektor perdagangan. Hal ini menunjukan kebijakan PEN yang dilakukan pemerintah telah menunjukan kemajuan yang signifikan dan ini merupakan momentum yang tepat untuk PEN dan proses recovery dapat berjalan sesuai keinginan. Adanya sinergi antara Kanwil DJKN Sumatera Utara  dan Bank Indonesia memandang  sangat relevan dan diperlukan dalam mendorong perluasan akses pasar dan peningkatan pemasaran produk UMKM khususnya di Sumater Utara yang mana memasarkan ke seluruh Indonesia dengan website lelang.go.id.

Masuknya UMKM  pada platform lelang ini akan menambah optimalisasi outlet pemasaran dan pasar digital yang saat ini terus didorong pemerintah. Dengan keikutsertaan UMKM  ini akan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat dengan berbagai informasi produk dan keunggulan masing-masing. Semoga hal ini menjadi pelecut membangkitkan semangat para pelaku UMKM.

                Sebelum memasuki acara inti pemaparan oleh masing-masing UMKM, Direktur Lelang Joko Prihanto menyampaikan bahwa dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan stabilitas  sistem keuangan, maka pemerintah mengeluarkan upaya strategis dampak pandemi melalui PEN. Hingga akhir tahun 2020 realisasi program Pen mencapai 579,8T guna membiayai berbagai sektor. UMKM  merupakan pilar terpenting pada perekonomian Indonesia. Pandemi covid-19 mengubah perilaku konsumen dan peta bisnis. Konsumen lebih banyak melakukan aktivitas dirumah dan berbelanja melalui aplikasi digital, sehingga platform lelang DJKN diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM. (/FMS)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini