Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menjadi ASN yang Tangguh dan Berkualitas Berlandaskan Nilai-Nilai Kemenkeu
Fia Malika Sabrina
Jum'at, 12 Maret 2021   |   9448 kali

Aparatur Sipil Negara atau biasa disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai yang bekerja di instansi pemerintah, pegawai yang dimaksud dapat berupa pegawai negeri sipil ataupun pegawai pemerintah. ASN bertugas untuk melaksanakan kebijakan publik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas kepada publik, serta mempererat persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, ASN harus mematuhi kode etik dalam bekerja dan hasil kinerja ASN harus dapat dipertanggung jawabkan kepada publik

Untuk menjadi pegawai Kementerian Keuangan RI yang tangguh dan berkualitas, seluruh pegawai diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan secara keseluruhan. Adapun nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Untuk menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan seluruh pegawai dapat bercermin pada aturan yang berlaku yaitu PMK Nomor 190 Tahun 2018 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan dan KMK Nomor 312 Tahun 2011 tentang Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Kedua aturan tersebut membahas tentang upaya-upaya yang dilakukan agar mencapai nilai-nilai Kementerian Keuangan. Jika seorang pegawai sudah mencapai atau mengerjakan hal-hal yang telah dituang dalam aturan tersebut maka akan tercipta pegawai yang tangguh dan berkualitas.


Integritas

Dalam Integritas terkandung makna bahwa dalam berpikir, berkata, berperilaku, dan bertindak, Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan melakukannya dengan baik dan benar serta selalu memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.

Profesionalisme

Dalam ProfesionaIisme terkandung makna bahwa dalam bekerja, Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan melakukannya dengan tuntas dan akurat berdasarkan kompetensi terbaik dan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.

Sinergi

Dalam Sinergi terkandung makna bahwa Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan memiliki komitmen untuk membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkuaIitas.

Pelayanan

Dalam Pelayanan terkandung makna bahwa dalam memberikan pelayanan, Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan melakukannya untuk memenuhi kepuasan pemangku kepentingan dan dilaksanakan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat, dan aman.

Kesempurnaan

Dalam Kesempurnaan terkandung makna bahwa Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik


Selain itu, sebagai ASN Kementerian Keuangan, seluruh pegawai harus mengetahui kondisi sebenarnya mengenai dunia kerja di instansi pemerintahan. Agar dapat memahami karakter ASN yang berkualitas, pegawai harus belajar dari orang yang sudah berpengalaman. Pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai positif yang diambil dari tokoh ASN yang dijadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari. Dikarenakan orang yang memiliki idola akan mengintroyeksikan nilai-nilai yang melekat pada sang idola ke dalam dirinya, yang akhirnya dapat meningkatkan penilaian positif pada diri sendiri.

 

Ditulis oleh Mahasiswa PKL STAN pada Kanwil DJKN Sumut (Hafizh Abdillah dan Yoshe Lawrin Sinaga)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini