Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menata Diri dengan Pengelolaan Waktu yang Baik
Fia Malika Sabrina
Kamis, 17 September 2020   |   1705 kali

            Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi hampir tujuh bulan ini membuat kita harus beradaptasi secara lebih. Sekarang kita berada dalam kehidupan diserba ketidakpastian dan mengalami perubahan perilaku dalam kehidupan sehari-harinya tentu tidaklah mudah. Mulai dari bekerja dari rumah yang nyatanya selain harus bekerja juga dituntut mengurus rumah bahkan mendampingi anak sekolah online, double meeting dalam satu waktu bahkan sampai jam kerja yang tidak menentu.

                Banyak yang mulai tidak bisa mengontrol dirinya sehingga merasa situasi ini semakin terasa berat, namun banyak juga yang dengan mudah adaptasi dalam situasi ini sehingga merasa jauh lebih baik karena mereka mendapatkan kehidupan work life balance. Menurut Lockwood (2003) work life balance merupakan suatu keadaan seimbang pada dua tuntutan dimana pekerjaan dan kehidupan seseorang individu adalah sama. Dimana pandangan pekerja hal ini merupakan pilihan mengelola kewajiban kerja serta pribadi ataupun tanggung jawab akan keluarga.

                Demi mendapatkan hal ini berjalan sempurna, tentunya kita harus mengatur strategi dan perencaan yang baik dalam kehidupan kita. Salah satunya yaitu bagaimana kita mengelola waktu dengan membuat manajemen waktu yang baik.

Pentingnya Manajemen Waktu

Segala sesuatu apabila dilakukan dengan perencanaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik. Karena kehidupan kita diatur oleh adanya waktu, maka kita perlu ketahui alasan pentingnya manajemen waktu

-Karena waktu terbatas, sementara pekerjaan dan kegiatan kita bisa terus bertambah

-Membantu kita lebih efektif dengan skala prioritas

-Menjauhkan kita dari stress karena dapat mengontrol setiap pekerjaan yang dilakukan

-Membuat lebih produktif

Apabila saat ini kita dihadapkan dengan kondisi harus bekerja dari rumah sembari mengerjakan pekerjaan rumah, tentunya harus kita optimalkan waktu yang ada. Kita bisa catat dan mulai memilah-milah pekerjaan yang harus dikerjakan dan hindari pekerjaan yang membuang waktu kita, seperti bermain media sosial, menonton tv, tiduran ataupun hal lainnya yang tidak menghasilkan sesuatu.

Teknik Manajemen Waktu Berdasarkan Skala Prioritas

Kita harus dapat membedakan pekerjaan itu berdasarkan kategori prioritas berdasarkan waktu yaitu jangan dikerjakan, kerjakan nanti, dan  kerjakan sekarang.

No

Kategori Prioritas Waktu

Kategori

Karakteristik

1

Jangan Dikerjakan

-Masalah dapat hilang tanpa diatasi

-Sudah kadaluarsa

-Dapat dikerjakan orang lain

2

Dikerjakan nanti

-Tidak disertai jatuh tempo

-Dapat ditunda/diperlambat

Alasan penundaan :

-Tidak ingin memulai

-Tidak tahu dari mana memulai

-Tidak tahu dari mana memulai meskipun ingin memulai

3

Dikerjakan sekarang

Kebutuhan unit personal harian kegiatan yang telah ditunda, missal

-Kebutuhan staf

-Kebutuhan peralatan

-rapat

 

Kategori prioritas berdasarkan waktu harus berdampingan dengan skala prioritas seperti pekerjaan mendesak dan penting, penting, mendesak dan tidak penting serta tidak mendesak dan tidak penting.

Referensi :

Manajemen Waktu (Konsep dan Strategi) oleh Bahrur Rosyidi (https://www.academia.edu/13180809/MANAJEMEN_WAKTU_KONSEP_DAN_STRATEGI_)  (diakses pada tanggal 17 September 2020)

http://repository.uin-suska.ac.id/20852/7/BAB II.pdf (diakses pada tanggal 17 September 2020)

Penulis : Fia Malika Sabrina (Bidang KIHI)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini