Pandemi Covid-19 yang sudah
terjadi hampir tujuh bulan ini membuat kita harus beradaptasi secara lebih.
Sekarang kita berada dalam kehidupan diserba ketidakpastian dan mengalami perubahan
perilaku dalam kehidupan sehari-harinya tentu tidaklah mudah. Mulai dari
bekerja dari rumah yang nyatanya selain harus bekerja juga dituntut mengurus
rumah bahkan mendampingi anak sekolah online, double meeting dalam satu waktu bahkan sampai jam kerja yang tidak
menentu.
Banyak
yang mulai tidak bisa mengontrol dirinya sehingga merasa situasi ini semakin
terasa berat, namun banyak juga yang dengan mudah adaptasi dalam situasi ini
sehingga merasa jauh lebih baik karena mereka mendapatkan kehidupan work life balance. Menurut Lockwood
(2003) work life balance merupakan
suatu keadaan seimbang pada dua tuntutan dimana pekerjaan dan kehidupan
seseorang individu adalah sama. Dimana pandangan pekerja hal ini merupakan
pilihan mengelola kewajiban kerja serta pribadi ataupun tanggung jawab akan
keluarga.
Demi
mendapatkan hal ini berjalan sempurna, tentunya kita harus mengatur strategi
dan perencaan yang baik dalam kehidupan kita. Salah satunya yaitu bagaimana
kita mengelola waktu dengan membuat manajemen waktu yang baik.
Pentingnya Manajemen Waktu
Segala sesuatu apabila dilakukan
dengan perencanaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik. Karena
kehidupan kita diatur oleh adanya waktu, maka kita perlu ketahui alasan
pentingnya manajemen waktu
-Karena waktu
terbatas, sementara pekerjaan dan kegiatan kita bisa terus bertambah
-Membantu kita
lebih efektif dengan skala prioritas
-Menjauhkan kita
dari stress karena dapat mengontrol setiap pekerjaan yang dilakukan
-Membuat lebih
produktif
Apabila saat
ini kita dihadapkan dengan kondisi harus bekerja dari rumah sembari mengerjakan
pekerjaan rumah, tentunya harus kita optimalkan waktu yang ada. Kita bisa catat
dan mulai memilah-milah pekerjaan yang harus dikerjakan dan hindari pekerjaan
yang membuang waktu kita, seperti bermain media sosial, menonton tv, tiduran
ataupun hal lainnya yang tidak menghasilkan sesuatu.
Teknik Manajemen Waktu Berdasarkan Skala Prioritas
Kita harus dapat membedakan
pekerjaan itu berdasarkan kategori prioritas berdasarkan waktu yaitu jangan
dikerjakan, kerjakan nanti, dan kerjakan sekarang.
No |
Kategori Prioritas Waktu |
|
Kategori |
Karakteristik |
|
1 |
Jangan Dikerjakan |
-Masalah
dapat hilang tanpa diatasi -Sudah
kadaluarsa -Dapat
dikerjakan orang lain |
2 |
Dikerjakan nanti |
-Tidak
disertai jatuh tempo -Dapat
ditunda/diperlambat Alasan penundaan : -Tidak ingin
memulai -Tidak tahu
dari mana memulai -Tidak tahu
dari mana memulai meskipun ingin memulai |
3 |
Dikerjakan sekarang |
Kebutuhan unit personal harian kegiatan yang
telah ditunda, missal -Kebutuhan staf -Kebutuhan peralatan -rapat |
Kategori prioritas berdasarkan
waktu harus berdampingan dengan skala prioritas seperti pekerjaan mendesak dan
penting, penting, mendesak dan tidak penting serta tidak mendesak dan tidak
penting.
Referensi :
Manajemen Waktu (Konsep dan Strategi)
oleh Bahrur Rosyidi (https://www.academia.edu/13180809/MANAJEMEN_WAKTU_KONSEP_DAN_STRATEGI_) (diakses pada tanggal 17 September 2020)
http://repository.uin-suska.ac.id/20852/7/BAB II.pdf (diakses pada tanggal 17 September 2020)
Penulis : Fia Malika Sabrina (Bidang KIHI)