Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Konsumsi Gizi Seimbang, Badan Sehat Bugar Setiap Hari
Ayutia Nurita Sari
Senin, 30 Januari 2023   |   88 kali

Manado - Senin (30/01/23) pada kegiatan Galang Semangat Pagi, Tim Bagian Umum mengajak para pegawai di Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) untuk menyambut hari Senin dengan semangat menjaga konsumsi gizi yang seimbang.

Jennifer Evaulina, Pelaksana Bagian Umum menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional, Tim Bagian Umum akan menceritakan secara singkat sejarah mengenai Hari Gizi Nasional.

“Upaya perbaikan gizi masyarakat Indonesia telah dimulai sejak tahun 1950-an dimana dr Johannes Leimena mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) atau Instituut Voor Volksvoeding (IVV). Prof. Poorwo Soedarmo dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia,” kata Jennifer.

Jennifer menjelaskan bahwa Hari Gizi Nasional diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia, dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi Nasional.

“Walaupun pandemi Covid-19 sudah mulai mereda, tapi kita tetap harus menjaga diri dengan mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS,” tutur Jennifer.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) diantaranya dengan:

1.      Memakai masker dengan benar

2.      Makan sehat gizi seimbang

3.      Rajin berolahraga

4.      Menjaga kebersihan lingkungan

5.      Tidak merokok

6.      Minum air 8 gelas/hari

7.      Tidak lupa berdoa

“Selain mendukung GERMAS, kita juga harus memperhatikan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Ingat komposisi yang memiliki gizi seimbang adalah 50 persen buah dan sayuran serta 50 persen karbohidrat dan protein,” jelas Jennifer.

Diakhir kegiatan, Jennifer juga mengajak para pegawai untuk berlatih senam sehat atau diberi judul Mari Jo Bagoyang.

Guna meningkatkan semangat para pegawai, dalam Galang Semangat Pagi juga dilakukan yel-yel semangat pagi bersama, menyanyikan lagu mars Kementerian Keuangan, serta pembacaan Budaya Kerja, Nilai-Nilai, dan Perilaku Utama Kementerian Keuangan. (ayu)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini